Terapi Sayyidul Istighfar untuk meningkatkan Self Esteem: studi kasus seorang perempuan di Desa Padelegan Pademawu Pamekasan

Shaleha,, Nikmatus. (2019) Terapi Sayyidul Istighfar untuk meningkatkan Self Esteem: studi kasus seorang perempuan di Desa Padelegan Pademawu Pamekasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatus Shaleha_B93215074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Self esteem merupakan penilaian dan penghargaan seseorang terhadap dirinya sendiri. Self esteem bukan merupakan faktor yang dibawa sejak lahir tetapi merupakan faktor yang dipelajari dan terbentuk sepanjang pengalaman individu. Individu yang memiliki harga diri tinggi menghadapi lingkungan secara aktif dan mampu beradaptasi secara efektif untuk berubah serta cenderung merasa aman. Individu yang memiliki harga diri rendah melihat lingkungan dengan cara negatif dan menganggap sebagai ancaman. Pada sebuah kasus, konseli mengalami penurunan self esteem yang membuat dirinya menarik diri dari lingkungan. Untuk meningkatkan harga diri konseli maka diperlukan tindakan yaitu dengan terapi sayyidul istighfar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses konseling dengan terapi sayyidul istighfar untuk meningkatkan self esteem (studi kasus seorang perempuan di Desa Padelegan Pademawu Pamekasan)?. (2) Bagaimana hasil akhir konseling dengan terapi sayyidul istighfar untuk meningkatkan self esteem (studi kasus seorang perempuan di Desa Padelegan Pademawu Pamekasan)?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh sepenuhnya, peneliti menganalisa data menggunakan deskriptif komporatif yaitu dengan membandingkan teori dan hasil proses konseling dilapangan. Hasil dari penelitian ini, adalah: (1) Metode terapi sayyidul istighfar pada tahap konseling (identifikasi masa lah, diagnosis, prognosis, terapi, follow up, evaluasi) dan teknik dari terapi sayyidul istighfar yang terdiri atas tahap persiapan, tindakan dan tahap tindak lanjut. (2) Sedangkan hasil akhir dari terapi sayyidul istighfar ini adalah berhasil, dilihat dari perubahan yang terjadi pada konseli meskipun belum terlalu drastis dan signifikan.

Email: nikmatusshaleha97@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Cholil, Cholil
Uncontrolled Keywords: Terapi Sayyidul Istighfar; Self Esteem
Subjects: Akhlak
Bimbingan Konseling
Psikologi Islam
Perilaku
Terapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Shaleha Nikmatus
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:23
Last Modified: 15 Apr 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31244

Actions (login required)

View Item View Item