Efektivitas metode Drill dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik siswa tunagrahita pada mata pelajaran PAI di SLB-AC Dharma Wanita Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Lailatun (2019) Efektivitas metode Drill dalam meningkatkan prestasi belajar psikomotorik siswa tunagrahita pada mata pelajaran PAI di SLB-AC Dharma Wanita Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatun Nikmah_D91215061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam pelajaran PAI pada siswa tunagrahita SLB-AC Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa tunagrahita pada pada mata pelajaran PAI SLB-AC Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo setelah diterapkannya metode drill? (3) Bagaimana efektivitas metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar ranah psikomotorik siswa tunagrahita dibandingkan metode lain pada mata pelajaran PAI SLB-AC Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo dibandingkan metode lain? Pernelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan karakteristik anak tunagrahita yang memang sebenarnya tidak dapat dipermasalahkan yakni tentang kecerdasan IQ yang dibawah rata-rata anak normal seusianya yakni antara 70-50 (Kategori mampu didik) dan mereka mempunyai kesulitan belajar dalam hal daya ingat yang sangat lemah, kurang bisa memahami hal-hal abstrak, dan lemah dalam mengikuti pembelajaran. Prestasi belajar mereka rendah dalam ranah kognitif dan cenderung dikembangkan dalam hal psikomotorik atau keterampilan. Sedangkan, guru PAI di sana masih memberikan pembelajaran dengan metdode konvensional sehingga kurang maksimal untuk meningkatkan prestasi belajar siswa tunagrahita. Oleh karenanya peneliti ingin meningkatkan prestasi belajar dalam ranah psikomotorik disamping sedikit mengembangkan kecerdasan kognitifnya dengan menggunakan metode lain yakni metode drill. Data-data penelitian ini dihimpun dari peseerta didik di SLB-AC Dharma Wanita Sidoarjo sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik deskriptif dan analisis Uji Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan, analisis deskriptif dan Uji Indeependent Sample T-Test dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan metode drill termasuk dalam kategori baik dengan ditunjukkan pada rata-rata sebelum dan sesduah pembelajaran naik secara signifikan yakni bernilai dari 16 ke 34.5. (2) sedangkan prestasi belajar ranah psikomotorik siswa tunagrahita di SLB AC Dharma Wanita menunjukkan peningkatan secara signifikan dengan nilai signifikan 0.00 lebih kecil dari nilai signifikansi kesalahan 0.05 dan termasuk dalam katergori baik, (3) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan antara thitung -14,510 dan dengan nilai signifikansi 0,00.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Lailatunlailatunnikmah0711@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Belajar
Kecerdasan
Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Penyandang Cacat
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Wudu
Uncontrolled Keywords: Metode drill; Prestasi belajar; Tunagrahita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nikmah Lailatun
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:27
Last Modified: 15 Apr 2019 04:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31242

Actions (login required)

View Item View Item