المجاز المرسل في الجزء التاسع والعشرين من القرآن الكريم: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauharuddin, Zafirah (2019) المجاز المرسل في الجزء التاسع والعشرين من القرآن الكريم: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zafirah Jauharuddin_A01215049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Juz 29 merupakan salah satu juz yang ada di dalam Al-Quran, terdiri dari 11 surat yaitu Surat al-Mulk, Surat al-Qalam, Surat al- Haqqah, Surat al- Ma’arij, Surat Nuh, Surat al- Jin, Surat al- Muzzamil, Surat al-Mudatsir, Surat Qiyamah, Surat al- Insan, Surat al-Mursalat. Beberapa surat-surat tersebut diturunkan di Kota Mekkah sehingga termasuk golongan surat Makkiyah dan beberapa diantaranya termasuk golongan surat Madaniyah yakni yang turun di Madinah. Kebanyakan dari para penghafal Al-qur’an, memulai hafalannya dari juz belakang ke depan atau dari juz tiga puluh ke juz dua puluh sembilan lalu kemudian juz dua puluh delapan dan juz berikutnya. Majaz dalam teori ini yakni lafadz yang digunakan bukan makna aslinya atau makna sebenarnya melainkan menggunakan qorinah (alasan/petunjuk) yang menghalanginya menggunakan makna sebenarnya. Adapun rumusan masalah yang ada pada dalam pembahasan ini meliputi dua hal: 1)Apa saja ayat-ayat yang mengandung Majaz Mursal di dalam Al-Quran Juz 29?. 2)Bagaimana makna ayat-ayat yang mengandung Majaz Mursal di dalam Al-Quran Juz 29?. Tujuan penelitian dari pembahasan masalah tersebut yaitu untuk mengetahui ayat-ayat yang mengandung Majaz Mursal dan maknanya di dalam Al-Quran Juz 29. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu mengunakan metode deskripsi kualitatif dengan teori tahlili Ilmu Balaghah yakni dari segi Ilmu Bayan. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dalam pembahasan ini yaitu di temukannya ayat Al-Qur’an yang mengandung Majaz Mursal di dalam al-Qur’an Juz 29 diantarannya: terdapat dalam surat al-Qolam ayat 16, Surat al-Mudassir ayat 17 dan 31, dan lain sebagainnya. Adapun makna dalam ayat yang mengandung Majaz Mursal di dalam al-Qur’an Juz 29 diantaranya: اليمين yang bermakna “orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengerjakan amal baik”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauharuddin, Zafirahzafirajhr68@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Majaz; Juz 29; Al-Quran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Jauharuddin Zafirah
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:35
Last Modified: 15 Apr 2019 03:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31239

Actions (login required)

View Item View Item