Pengaruh karakteristik guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP unggulan al-Falah Buduran - Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniasari, Mahdalina (2019) Pengaruh karakteristik guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP unggulan al-Falah Buduran - Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahdalina Kurniasari_D91215064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitan ini yaitu: (1) Bagaimana karakteristik guru PAI di SMP Unggulan Al-Falah Buduran – Sidoarjo?(2) Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Unggulan Al-Falah Buduran – Sidoarjo? (3)Bagaimana pengaruh karakteristik guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Unggulan Al-Falah Buduran – Sidoarjo?Penelitian ini dilatar belakangi oleh dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan bahwasannya minat belajar peserta didik terutama dalam mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di kelas dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satu diantaranya adalah karakteristik / ciri khas guru. Tidak dipungkiri bahwa karakteristik guru mempengaruhi semangat dan minat belajar peserta didik dikelas. Tetapi masih banyak guru yang menganggap ringan hal tersebut yang menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan bosan.Data-data penelitian ini dihimpun dari peserta didik sebesar 25% atau 56peseta didik sebagai obyek penelitian. Dan mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan regresi linier sederhana, dapat disimpulkan bahwa: (1) Karakteristik guru PAI adalah baik yakni ditunjukkan dengan Mx = 33,5 (2) Minat Belajar Peserta didik adalah baik yakni ditunjukkan My = 33,25 (3) Ada pengaruh yang signifikan antara karakteristik guru PAI dengan minat belajar peserta didik dengan nilai R Square yaitu 0,6 yang termasuk dalam kategori kuat dan hasil uji t yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara karakteristik guru PAI dengan minat belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniasari, Mahdalinamahdalinak14@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Guru PAI; Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kurniasari Mahdalina
Date Deposited: 16 Apr 2019 02:40
Last Modified: 16 Apr 2019 02:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31234

Actions (login required)

View Item View Item