Peningkatan hasil belajar fiqih materi sholat 'idain dengan menggunakan media audio visual kelas IV MI al Ahmad Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tahta, Aisyah Hayyu Sintia (2019) Peningkatan hasil belajar fiqih materi sholat 'idain dengan menggunakan media audio visual kelas IV MI al Ahmad Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Hayyu Sintia Tahta_D77213054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lingkungan keluarga, orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina mental peserta didik sebagai penerus bangsa, khususnya siswa MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo, dalam hal ini Guru berusaha meningkatkan pendidikan Fiqih dengan tujuan untuk membentuk karakter anak melalui media pembelajaran audio visual yang diterapkannya, lingkungan sosial masyarakat juga mempunyai andil dalam membina mental anak, sedangkan dalam lingkungan sekolah guru yang mempunyai tugas dan wewenang dalam membina mental anak yang identik dengan para remaja, khususnya seorang guru agama, mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina mental para remaja disekolah, para remaja yang nantinya memegang masa depan bangsa jika mereka kelak mempunyai kualitas mental yang baik maka akan meraih kejayaan dimasa yang akan datang, namun sebaliknya jika para generasi sebagai penerus bangsa ini mempunyai mental yang buruk maka masa depan bangsa akan mengalami kehancuran dan jauh sesuai dengan apa yang di idam-idamkan oleh bangsa yang tercinta ini.Adapun masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana penggunaan Media Audio Visual pada mata pelajaran Fiqih pada materi Sholat Idain kelas IV dengan media Audio Visual di MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo Tahun Pelajaran 2018/2019?,Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat Idain Kelas Ivsetelah mengunakan Media Audio Visual di MI Al-Ahmad KrianSidoarjoTahunPelajaran 2018/2019? Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian, bahwa penerapan media audio-visual untuk meningkatkan hasil belajar fiqih materi shalat ‘Idain kelas IV di MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo mengalami peningkatan yang optoimal. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh angka sebesar 4,13 kriteria baik dan aktifitas siswa memperoleh angka sebesar 3,63dengan kriteria cukup baik. Dari angka yang diperoleh aktifitas siswa dirasa peneliti masih kurang baik. Maka peneliti melakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II, aktifitas guru dan siswa mengalami peningkatan sebesar, 4,33 dengan kriteria baik untuk aktifitas guru dan perolehan angka 4,16 dengan kriteria baik untuk aktifitas siswa. Bahwa prosentase peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 76,66% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II sebesar 90% dengan kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tahta, Aisyah Hayyu Sintiaaisyah.hayyu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Materi Shalat ‘Idain; Media Audio Visual; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tahta Aisyah Hayyu Sintia
Date Deposited: 12 Apr 2019 08:18
Last Modified: 12 Apr 2019 08:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item View Item