Urgensi literasi perspektif Q.S. al-'Alaq Ayat 1-5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibtyah, Nur Rohmah (2019) Urgensi literasi perspektif Q.S. al-'Alaq Ayat 1-5. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmah Ibtyah_D01215034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana hakikat literasi perspektif Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5 ? (2) Bagaimana urgensi literasi perspektif Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5?. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan pemahaman siswa terkait dengan budaya literasi. Para siswa ini cenderung dimengerti saja, tidak sampai benar-benar dipahami dan di aplikasikan, padahal hakikatnya budaya literasi merupakan suatu kebutuhan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dikarenakan untuk membentuk karakter budaya literasi membutuhkan rentan waktu yang panjang, dengan begitu tanpa di rangsang peserta didik tidak akan mempelajari dan mempraktikannya dengan sendiri karena dianggap sudah faham dan disepelekan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang berbentuk deksriptif dan jenis penelitiannya adalah kepustakaan (library research). Langkah yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian tafsir ini yaitu dengan mengumpulkan ayat-ayat yang membahas topik yang sama, mengkaji asbab an-nuzul dan kosa kata, mencari dalil-dalil pendukung baik dari Al-Qur’an, hadits, maupun ijtihad, dan setelah itu membahas hakikat literasi terlebih dahulu, kemudian mendeskripsikan urgensi literasi perspektif Al-Qur’an sebagai bentuk dari aksiologi dari hakikatnya literasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis terkait hakikat literasi perspektif Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5 dan urgensi literasi perspektif Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5, maka didapatkan hasil : hakikat literasi perspektif QS. Al-Alaq ayat 1-5 ini adalah perintah serta kewajiban bagi setiap orang untuk belajar dan mengajarkannya. Sedangkan urgensi literasi perspektif Q.S. al-‘Alaq ayat 1-5 ada banyak, diantaranya yaitu untuk mengabadikan pengetahuan yang diajarkan oleh Allah, untuk memberantas kebodohan, untuk membantu manusia dalam mengoptimalkan kerja otak serta untuk memperdalam pemahaman terhadap ilmu pengetahuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibtyah, Nur Rohmahnurrohmahibtyah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Hakikat; Urgensi; Literasi; QS. Al-Alaq ayat 1-5
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ibtyah Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:36
Last Modified: 15 Apr 2019 01:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31208

Actions (login required)

View Item View Item