Implementasi pengupahan tenaga kerja home industry kerupuk ditinjau dari perspektif ekonomi islam (studi kasus di home industry kerupuk Desa Sumberagung Ngraho Bojonegoro)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliana, Sri (2019) Implementasi pengupahan tenaga kerja home industry kerupuk ditinjau dari perspektif ekonomi islam (studi kasus di home industry kerupuk Desa Sumberagung Ngraho Bojonegoro). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Yuliana_G74215110.pdf

Download (773kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Pengupahan Tenaga Kerja Home Industry Kerupuk Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Home Industry Kerupuk Desa Sumberagung Ngraho Bojonegoro)”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi pengupahan tenaga kerja home industry kerupuk di Desa Sumberagung Ngraho Bojonegoro dan bagaimana implementasi pengupahan tenaga kerja home industry kerupuk di Desa Sumberagung Ngraho Bojonegoro ditinjau dari perspektif Ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengupahan tenaga kerja dalam perspektif Ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam skripsi ini yaitu studi kasus deskripsi yaitu membuat deskripsi secara berurutan dan valid mengenai fakta-fakta tentang pengupahan tenaga kerja home industry dalam perspektif Ekonomi Islam di Desa Sumberagung Ngraho Bojonegoro. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu guna menganalis data yang sudah diporoleh untuk kemudian menjawab permasalahan. Untuk pengumpulan data penulis melakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pengupahan tenaga kerja yang ada di home industry kerupuk Desa Sumberagung belum sepenuhnya sesuai dengan Ekonomi Islam. Karena pada saat melakukan kesepakatan kerja pemilik usaha tidak menyebutkan jumlah upah yang akan diterima pekerja sebelum pekerjaan dimulai. Akan tetapi, dalam membayar upah pekerja pemilik usaha tidak pernah menunda-tunda dan selalu tepat pada waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diharapkan agar setiap pemilik usaha sebelum mempekerjakan seseorang haruslah memberitahu jumlah upah yang akan diterima pekerja terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan. Supaya nantinya tidak terjadi masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliana, SriAna38666@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Industri RumahTangga
Tenaga Kerja
Uncontrolled Keywords: Pengupahan; Tenaga Kerja; Home Industry Kerupuk
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuliana Sri
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:51
Last Modified: 12 Apr 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31206

Actions (login required)

View Item View Item