Analisis Peran BMT Permata Mobile dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Baitul Maal Wa Tamwil Permata Kota Mojokerto Berdasarkan Perspektif Maqashid al-Shari'ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Siti Yun Dwi (2019) Analisis Peran BMT Permata Mobile dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Baitul Maal Wa Tamwil Permata Kota Mojokerto Berdasarkan Perspektif Maqashid al-Shari'ah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Yun Dwi Afifah_G74215181.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data penelitian dihimpun dari data anggota KSPPS BMT Permata Mojokerto, observasi non partisipatif dengan anggota, dan wawancara mendalam dengan pihak pengguna dan internal BMT Permata, serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang peneliti angkat. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran BMT Permata Mobile dalam meningkatkan kepuasan anggota BMT Permata Mojokerto melalui nilai Maqasid al-Shari‘ah dipengaruhi oleh nilai maslahah dan kemampuan mengakses yang dilakukan oleh SDM. Nilai maslahah terletak pada fungsi aplikasi guna memudahkan anggota dalam bertransaksi agar lebih cepat dan praktis. Sedangkan dalam kemampuan mengakses terletak pada peran aplikasi yang bersifat mudah dipahami dan tidak membingungkan bagi pengguna. Jika pengguna dapat menggunakan aplikasi, maka aplikasi tersebut memiliki nilai guna. Untuk lebih meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi, pihak manajemen sedang mengupayakan pembaruan pada fitur akses berbayar transportasi seperti untuk pembelian KAI dan maskapai penerbangan. Selain itu pihak internal juga sedang mengupayakan pembaruan aplikasi yang disediakan dalam apple store agar cakupan pengguna dapat digunakan oleh pengguna produk apple. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka peneliti dapat memberikan saran dan masukan kepada pihak BMT Permata Mojokerto agar lebih dikembangkan lagi dengan inovasi terbaru baik dari segi tampilan maupun dari segi penambahan fitur. Serta sebaiknya diadakan karyawan khusus (SDM) yang ahli dalam bidang IT yang berfungsi untuk mengelola dan mengawasi aplikasi secara intens. Dengan demikian lembaga keuangan mikro syariah khususnya pada basis koperasi dapat mengembangkan kualitas pelayanan dalam bidang teknologi berupa aplikasi berbasis e-banking.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Siti Yun Dwiyunafifah12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Konsumen
Uncontrolled Keywords: BMT; Kepuasan Konsumsi Islam; Perilaku Konsumen Islam; Maqashid al-Syari'ah; e-Banking
Depositing User: Afifah Siti Yun Dwi
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:58
Last Modified: 15 Apr 2019 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31203

Actions (login required)

View Item View Item