Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam hikayat Kalilah wa Dimnah karya Ibn al-Muqoffa’

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mutiasari, Mirza (2019) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam hikayat Kalilah wa Dimnah karya Ibn al-Muqoffa’. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mirza Mutiasari_D91215066..pdf

Download (919kB)

Abstract

Manusia dapat dianggap sebagai makhluk yang beradab jika memiliki akhlak terpuji. Tanpa akhlak terpuji, derajat manusia akan lebih rendah daripada hewan. Untuk menumbuhkan akhlak terpuji diperlukan pembiasaan secara terus￾menerus melalui bimbingan dan pendidikan. Salah satu faktor lingkungan pendidikan menurut Imâm al-Ġazâlî adalah lingkungan kesusastraan. Karya sastra berupa buku-buku yang berisi cerita yang baik, benar dan mulia akan membawa pengaruh dan peranan yang sangat penting dalam pembentukan watak perilaku dan kepribadian anak. Salah satu bentuk karya sastra yang berkembang pesat dan populer di Indonesia adalah novel. Salah satu novel populer yang digemari masyarakat Indonesia adalah fabel berjudul Hikayat Kalilah dan Dimnah Karya Ibn Al￾Muqoffa’. Novel tersebut merupakan sebuah novel yang sarat dengan pesan-pesan akhlak terpuji yang direfleksikan dari sikap dan perilaku para tokoh di dalamnya.Berangkat dari latar belakang ini penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Hikayat Kalilah dan Dimnah Karya Ibn Al-Muqoffa’. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitusuatu jenis penelitian yang mengacu pada khazanah kepustakaan seperti bukubuku,artikel, atau dokumen-dokumen lainnya. Sedangkan teknik pengumpulandata dilakukan dengan metode dokumentasi, yaitu suatu cara pencarian datamengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar,majalah, prasasti, notulen rapat, agenda, dan sebagainya. Dalam menganalisisdata, penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis), yaitu sebuahanalisis yang digunakan untuk mengungkap, memahami dan menangkap isi karyasastra, serta metode deskriptif, yaitu metode yang membahas objek penelitian secara apa adanya sesuai dengan data-data yang diperoleh. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa nilai￾nilai pendidikan akhlak dalam Hikayat Kalilah dan Dimnah karya Ibn Al￾Muqoffa’ meliputi: akhlak terhadap Allah dan Rasul-Nya yang terdiri dari syukur, jihad, sabar, taubat, ikhtiar dan ikhlas. akhlak terhadap orang tua yang terdiri dari perkataan lemah lembut kepada orang tua dan perbuatan baik kepada orang tua. akhlak terhadap diri sendiri yang terdiri dari kasih dan sayang, kesetiaan. serta akhlak terhadap sesama manusia yang terdiri dari tolong-menolong dan rendah hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mutiasari, MirzaMirzamutiasari44@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Uncontrolled Keywords: Nilai; Akhlak; Kalilah Wa Dimnah; Ibn Al-Muqoffa'
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiasari Mirza
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:30
Last Modified: 12 Apr 2019 07:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31198

Actions (login required)

View Item View Item