Analisis pengelolaan bisnis Aqiqah untuk biaya Opereasional Panti Asuhan dan pemberdayaan warga sekitar Panti Asuhan Az-Zahara Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vauziah,, Lana. (2019) Analisis pengelolaan bisnis Aqiqah untuk biaya Opereasional Panti Asuhan dan pemberdayaan warga sekitar Panti Asuhan Az-Zahara Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lana Vauziah_G04215017..pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengelolaan Bisnis Aqiqah Untuk Operasional Panti Asuhan Dan Pemberdayaan Warga Sekitar Panti Asuhan Az-Zahara Surabaya” ini menganalis tentang Pengelolaan Bisnis Aqiqah Dalam Kaitannya Untuk Membayar Biaya Operasional Panti dan Memberdayakan Warga Sekitar Panti Suhan Az-Zahara Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengelolaan Bisnis Aqiqah Untuk Biaya Operasional Panti dan Pemberdayaan Warga Sekitar Panti Asuhan Az-Zahara Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara. Subjek penelitian ini adalah Pengelolaan bisnis aqiqah untuk Biaya Operasional Panti dan Pemberdayaan Warga. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2019 Panti Asuhan Az-Zahara Surabaya. Wawancara dilakukan kepada salah satu pengurus Panti Asuhan Az-Zahara Surabaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bisnis aqiqah dalam pengelolaannya dapat mengcoverbiaya operasional Panti Asuhan Az-Zahara dan dapat pulamelakukan pemberdayaan warga dengan merekut warga sekitar menjadi karyawan dan mengadakan pengajian. Total biaya operasional perbulan yang harus dikeluarkan adalah senilai Rp 5.276.000. biaya tersebut meliputi biaya listrik, biaya telfon, biaya air PDAM, biaya SPP dan saku anak asuh. Sedangkan untuk perekrutan kerja Panti Asuhan Az-Zahara gaji untuk karyawan Rp 400.000- Rp 1.500.000 tergantung banyaknya pesanan dan hal ini terbukti meningkatkan perekonomian warga dan untuk pengadaan pengajian rutin setiap pertemuan mengeluarkan biaya konsumsi sekitar Rp 400.000. Budget yang dikeluarkan untuk memenuhi biaya tersebut adalah dari profit yang didapatkan dari bisnis aqiqah. Jika pesanan aqiqah sedikit. Maka, profit yang didapatkan tidak mencukupi untuk mengcoverbiaya yang harus dikeluarkan. Sehingga mengambil keuntungan yang disimpan dan ditabung ketika banyaknya pesanan. Dari hasil penelitian ini diharapkan bisnis aqiqah yang ada dalam naungan Panti Asuhan Az-Zahara mempunyai legalitas sendiri, mempunya nama resmi dan izin resmi. Agar dapat meningkatkan pendapatan yang diperoleh sehingga lebih bisa memenuhi kebutuhan biaya operasional dan memberikan konsumsi untuk warga yang mengikuti pengajian rutin tersebut. Dan peneliti berharap juga dapat mengembangkan pemberdayaan yang dilakukan oleh Panti Asuhan Az-Zahara tidak hanya sekedar dalam pengadaan pengajian rutin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vauziah,, Lana.lana.vauziah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Ekonomi Islam
Manajemen
Pemberdayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vauziah Lana
Date Deposited: 12 Apr 2019 08:11
Last Modified: 12 Apr 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31192

Actions (login required)

View Item View Item