Pengaruh hutang terhadap laba usaha pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdhausya, Amalia (2019) Pengaruh hutang terhadap laba usaha pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Firdhausya_G72215030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Hutang terhadap Laba Usaha pada Perusahaan Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hutang yang terbagi hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang secara parsial, simultan, maupun besarannya pada laba usaha pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan bentuk kausal atau sebab-akibat Teknik yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS Statistics Version 25. Penelitian ini menggunakan sampel yang terpilih yaitu 35 perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode tahun 2013-2017, sehingga data penelitian yang berasal dari laporan keuangan tahunan sebanyak 175 data amatan. Data yang digunakan berupa data sekunder dan pengambilan data dilakukan dengan cara dokumentasi yaitu mengambil dari internet dan literatur. Berdasarkan hasil penelitian yang di uji melalui uji t atau secara parsial oleh uji SPSS disimpulkan bahwa hutang jangka pendek berpengaruh positif terhadap laba usaha, sedangkan hutang jangka panjang berpengaruh negatif terhadap laba usaha. Untuk hasil uji F disimpulkan bahwa hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang berpengaruh secara simultan terhadap laba usaha. Dengan hasil koefisien determinasi hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang mempengaruhi laba usaha sebesar 13,9%, sedangkan sisanya yaitu 86,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini terdapat kurangnya variabel kontrol yang digunakan maka disarankan bagi peneliti selanjutnya dapat memperluas jumlah sampel, jumlah periode tahun penelitian dan menambah variabel lain dan ditambahkannya variabel kontrol yang dapat mempengaruhi variabel laba usaha atau laba yang lainnya sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih beragam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdhausya, Amaliafirdhausyaamalia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Manajemen
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Hutang Jangka Pendek; Hutang Jangka Panjang; Laba Usaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Firdhausya Amalia
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:51
Last Modified: 12 Apr 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31181

Actions (login required)

View Item View Item