Pendampingan pedagang es tebu melalui Paguyuban Tebu Jaya Sejahtera sebagai Local Mini Creative Industry di Desa Sidorejo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, khoiriyah (2019) Pendampingan pedagang es tebu melalui Paguyuban Tebu Jaya Sejahtera sebagai Local Mini Creative Industry di Desa Sidorejo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khoiriyah_B52215030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan masyarakat pedagang es tebu melalui Paguyuban Tebu Jaya Sejahtera yang ada di Desa Sidorejo, yang memiliki aset alam berupa tebu dan skill dalam mengelola usaha es tebu. Pendampingan masyarakat pedagang melalui inovasi produk es tebu ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kualitas usaha masyarakat, sehingga aset yang dimiliki dapat dikelola secara maksimal. Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran umum potensi pedagang es tebu, 2) Bagaimana strategi pendampingan yang dilakukan dan 3) Bagaimana hasil dari pendampingan yang dilakukan. Dalam pendampingan ini, peneliti memanfaatkan paguyuban yang ada yaitu Paguyuban Tebu Jaya Sejahtera sebagai wadah untuk meluaskan pendampingan. Pendampingan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yaitu pendekatan yang berbasis aset memiliki lima tahapan 5-D diantaranya yaitu: Discovery, Dream, Desgin, Define,dan Destiny. Melalui lima tahapan tersebut peneliti mengajak masyarakat untuk lebih mengenali aset atau potensi yang ada didesa maupun ada didalam diri mereka, dengan menceritakan pengalaman atau cerita sukses di masa lalu. Kemudian peneliti mengajak masyarakat untuk memimpikan apa yang ingin di capai dimasa yang akan datang. Setelah menemukan potensi dan mengetahui mimpi masyarakat pedagang es tebu, peneliti dan masyarakat berharap dapat menciptakan perubahan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Aksi yang telah dilakukan oleh masyarakat pedagang es tebu dalam inovasi pengelolaan es tebu menjadi es lilin tebu empat rasa menjadikan usaha ini menjadi Local Mini Creative Industry yang ada di Desa Sidorejo. Adapun hasil dari pendampingan ini yaitu meningkatnya kesadaran masyarakat akan rasa memiliki dan keinginan untuk mengembangkan aset yang dimiliki, meningkatkan solidaritas antar anggota Paguyuban Tebu Jaya Sejahtera serta meningkatnya pendapatan masyarakat pedagang es tebu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, khoiriyahkhoiriyahfr@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Pedagang
Pemberdayaan
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Pedagang Es Tebu; Inovasi Produk; Creative Industry
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khoiriyah Khoiriyah
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:04
Last Modified: 12 Apr 2019 04:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31179

Actions (login required)

View Item View Item