Peningkatan kemampuan berhitung siswa menggunakan media stick pouch materi perkalian dan pembagian kelas II MI at Taqwa Kraton Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiroh, Uchi Nur Uzzlifatul (2019) Peningkatan kemampuan berhitung siswa menggunakan media stick pouch materi perkalian dan pembagian kelas II MI at Taqwa Kraton Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uchi Nur Uzzlifatul Choiroh_D97215114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dikelas II MI At Taqwa Kraton Pasuruan masih kurang maksimal dan siswa memiliki kemampuan berhitung yang masih rendah. Kurangnya kemampuan berhitung dibuktikan dengan hasil observasi penelitian dari 11 siswa hanya 2 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam materi “Perkalian dan Pembagian Pada Bilangan Cacah” dengan persentase 41,2%. Peneliti mengambil tindakan melalui metode bermain yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Mengetahui penerapan metode bermain pada pelajaran Matematika materi “perkalian dan pembagian pada bilangan cacah” untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa, 2) Mengetahui peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas II MI At Taqwa Kraton Pasuruan pada pelajaran matematika materi perkalian dan pembagian dengan menggunakan media stick pouch.Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kurd Lewin yang terdiri dari empat langkah yaitu: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, 4. Refleksi . Subyek penelitiannya adalah siswa kelas II MI At Taqwa Kraton Pasuruan dengan jumlah 11 siswa, terdiri dari 4 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan datanya melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) Peningkatan kemampuan berhitung pada mata pelajaran “perkalian dan pembagian pada bilangan cacah” melalui metode bermain dapat diterapkan dengan baik, hal ini dilihat dengan adanya peningkatan skor pada aktivitas guru yaitu 67 pada siklus I dan 76 pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan skor pada setiap siklusnya, yaitu 63 pada siklus I dan 69 pada siklus II. 2) kemapuan berhitung dikelas II MI At Taqwa Kraton Pasuruan setelah menggunakan metode bermain pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase kemampuan berhitung pada materi “Perkalian dan Pembagian Pada Bilangan Cacah” dalam kategori tinggi yaitu dari hasil pra siklus 41,2% dengan nilai rata-rata 48,1. Siklus I persentase hanya mencapai 54,5% dan nilai rata-rata 66,8, lalu diadakan perbaikan pada siklus II dan meningkat mencapai 81,8% dan nilai rata-rata 89,4. Sehingga terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus sebesar 27,3%, dan dapat dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiroh, Uchi Nur Uzzlifatuluchiuzzlifa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kemampuan Berhitung Siswa; media stick pouch
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Choiroh Uchi Nur Uzzlifatul
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:27
Last Modified: 12 Apr 2019 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31165

Actions (login required)

View Item View Item