Urgensi kesehatan mental dalam pendidikan Islam persepektif Zakiah Daradjat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munadifah, Hanik (2019) Urgensi kesehatan mental dalam pendidikan Islam persepektif Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanik Munadifah_D91215096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Memahami kesehatan mental merupakan pokok masalah yang harus di fahami oleh semua kalangan terutama kalangan pendidikan, karena dengan menjaga kesehatan mental merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan pendidikan Islam. Kesehatan mental adalah suatu keadaan sehat individu sehingga ia dapat menyesuaikan diri dengan mengembangkan segala potensi dalam dirinya terhadap dirinya, orang lain maupun lingkungan sekitar sehingga dapat berguna bagi dirinya dan alam sekitar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui konsep Kesehatan Mental perspektif Zakiah Daradjat dan mengetahui urgensi kesehatan mental dalam pendidikan Islam Perspektif Zakiah Daradjat. Penelitian ini bersifat kapustakaan (Library Research), pengumpulan data dengan metode Dokumentasi yaitu pencarian data bersumber dari banyak literature baik cetak maupun elektronik yang memiliki kaitan, serta analisi data menggunakan metode Content Analysis yaitu menganalisa isi buku yang relevan dengan judul, serta Deskripsi Analisis kritis yang berusaha mengungkan pandangan seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konsep kesehatan mental perspektif Zakiah Daradjat berarti keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa, serta memiliki kesanggupan untuk menghadapi problema-problema yang biasa terjadi dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan dirinya dan lingkungannya berlandaskan keimanan dan ketakwaan untuk mencapai kehidupan yang bermakna bahagia di dunia dan di akhirat. Sedangkan urgensi kesehatan mental dalam pendidikan Islam perspektif Zakiah Daradjat yaitu dengan menjaga kesehatan mental, maka diharapkan terciptanya ketenangan batin dan kebahagiaan dunia dan akhirat yang tergambar dalam Akhlak Mahmudah sehingga manusia dapat memenuhi tugas dan tanggungjawabnya sebagai hamba dan khalifah dimuka bumi serta dapat menumbuhkembangkan segala potensi yang dimiki sehingga dapat berguna bagi dirinya, orang lain dan lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munadifah, Haniknadifah.hnh30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Psikologi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Uncontrolled Keywords: Urgensi Kesehatan Mental; Zakiah Daradjat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munadifah Hanik
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:19
Last Modified: 16 Apr 2019 08:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31160

Actions (login required)

View Item View Item