مشكلات تطبيق تقييم تعليم اللغة العربية بالمنهج الدراسي سنة 2013 وحلّها: دراسة متعددة المواقع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سيدووارجو و مدرسة فوترا فوتري سيمو المتوسطة الإسلامية لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Wahyudi, Fuad (2019) مشكلات تطبيق تقييم تعليم اللغة العربية بالمنهج الدراسي سنة 2013 وحلّها: دراسة متعددة المواقع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سيدووارجو و مدرسة فوترا فوتري سيمو المتوسطة الإسلامية لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuad Al Wahyudi_D72215032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Permasalahan Implementasi Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab dalam Kurikulum 2013 dan Solusinya” adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Implementasi Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab dalam Kurikulum 2013 di MTS Negeri 1 Sidoarjo dan MTs Putra-Putri Simo Lamongan? 2. Apa Masalah Implementasi Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab dalam Kurikulum 2013 di MTS Negeri 1 Sidoarjo dan MTs Putra-Putri Simo Lamongan dan Solusinya? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru bahasa Arab di MTS Negeri 1 Sidoarjo dan MTs Putra-Putri Simo Lamongan, dan Objek penelitiannya adalah Permasalahan Implementasi Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab dalam Kurikulum 2013 dan Solusinya. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisi data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian adalah Implemetasi penilaian pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Sidoarjo telah dilaksanakan dengan baik, guru mengimplementasikan penilaian di semua kompetensi diantaraya: kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. adapun dalam pelaksanaanya kompetensi keterampilan yang dinilai adalah tidak sesuai dengan instrumen penilaiannya, instrumen penilaian hanya ada di RPP. Implemetasi penilaian pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 2013 di MTs Putra-Putri Simo Lamongan telah dilaksanakan dengan kurang baik, guru tidak mempunyai instrumen penilaian untuk murid jadi dalam penilaian guru hanya mengandalkan hasil ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.Permasalahan implementasi penilaian pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 2013 di MTs Negeri 1 Sidoarjo adalah banyaknya jam pelajaran yang dimiliki oleh guru sampai 40 Jam Pelajaran, penilaian kurikulum 2013 yang sulit karena guru diharuskan menilai banyak kompetensi, dan banyaknya tugas administrasi yang harus diselesaikan guru. Adapun solusinya adalah tambahan guru, menyederhanakan penilaian yang terdapat di dalam kurikulum 2013 tetapi tidak keluar dari peraturan yang telah ditetapkan, guru jangan diberikan tugas administrasi yang banyak. Permasalahan implementasi penilaian pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum 2013 di MTs Putra-Putri Simo Lamongan adalah guru yang sudah tua kurang bisa mengoperasikan komputer, guru tidak bisa mengubah cara mengajar yang monoton, dan guru tidak memahami tentang kurikulum 2013 khususnya yang berhubungan dengan penilaiannya. Adapun solusinya adalah guru yang masih muda membantu memasukkan nilai ke dalam software dari sekolah dan sebaiknya dari kementrian agama kabupaten lamongan memberikan pelatihan lebih intens kepada guru yang berusia lanjut, diadakan program workshop atau pelatihan lanjutan bagi guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Wahyudi, Fuadalwahyudifuad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Penilaian; Pembelajaran Bahasa Arab; Kurikulum 2013
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Al Wahyudi Fuad
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:29
Last Modified: 16 Apr 2019 08:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item View Item