Analisis pesan dakwah pada rubrik Laporan Utama TABLOID POSMO edisi 1000

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhro, Fathimatuz (2019) Analisis pesan dakwah pada rubrik Laporan Utama TABLOID POSMO edisi 1000. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathimatuz Zuhro_B01215016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Apa saja pesan dakwah yang terdapat pada rubrik laporan utama Tabloid Posmo edisi 1000. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui apa saja pesan dakwah yang terdapat pada rubrik laporan utama Tabloid Posmo edisi 1000 berdasarkan teori analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis Teks yang digunakan yakni analisis wacana. Sedang teknik pengumpulan data yang digunakan yakni berupa observasi dan dokumentasi. Dari data yang telah diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa pesan dakwah yang terkandung dalam rubrik laporan utama Tabloid Posmo, diantaranya pesan aqidah, syari’ah, dan juga akhlak. Pesan aqidah yang terkandung di dalamnya yakni agar umat Rasulullah SAW senantiasa memegang teguh ajaran yang disampaikan olehnya. Pesan syari’ah yaitu anjuran kepada umat Islam agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, mensucikan diri, dan melakukan perenungan diri di malam Satu Suro yang menyimpan banyak keistimewaan. Pesan akhlaq yang terdapat di dalamnya yakni ajakan kepada pembaca untuk mempunyai sifat yang baik dan ramah kepada sesama serta seringkali mengajak berbuat kebaikan. Rekomendasi dan saran kepada peneliti selanjutnya agar mampu menjadi acuan serta mampu mengembangkan penelitian ini. Di samping itu pengembangan dari teori Analisis Wacana model Teun A. Van Dijk setidaknya dapat dimanfaatkan untuk menganalisa pesan dakwah di tabloid yang lebih berkualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhro, Fathimatuzaregcilik07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Metafisika
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Tabloid; Analisis Wacana Teun A. Van Dijk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zuhro Fathimatuz
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:12
Last Modified: 15 Apr 2019 08:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31146

Actions (login required)

View Item View Item