Manajemen program bimbingan belajar genius pada laznas yatim mandiri cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adibah, Rosyidatul (2019) Manajemen program bimbingan belajar genius pada laznas yatim mandiri cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosyidatul Adibah_B94215064.pdf

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kulitatif yang bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan. Pertama, bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen program bimbingan belajar yatim dhuafa’ (Genius) pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Sidoarjo? Kedua, bagaimana efektivitas program bimbingan belajar yatim dhuafa’ (Genius) pada Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Sidoarjo?Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan. Informan dalam penelitian ini ada lima informan, yaitu staff program, SPV Genius, dan tiga guru Genius Yatim Mandiri. Dalam teknik validasi data, peneliti menggunakan reduksi data yang terdiri dari deskriptif, coding, dan kategorisasi. Setelah itu, peneliti menarik kesimpulan dari data yang telah dianalisis. Hasil penelitian menunjukan, bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen program bimbingan belajar yatim dhuafa’ (Genius) adalah perencanaan setiap kegiatan yang akan telah disesuaikan dengan perencanaan yang telah ditetapkan, meliputi : strandarisasi pembelajaran, modul Genius, tujuan program. Perencanaan yang dilakukan oleh program Genius adalah Terlaksananya bimbingan belajar Genius, bimbingan belajar mengarajar matematika dan akhlakul karimah, membangun sikap mandiri dalam belajar dan memiliki keunggulan nalar dan logika dalam matapelajaran matematika. Pengorganisasian yakni pembagian kerja antar bagian masing-masing dari staff program, SPV Genius, dan guru Genius. Sebelum menjadi guru Genius, calon guru wajib mengikuti beberapa tes untuk dapat ditetapkan sebagai guru dalam sanggar Genius. Pengarahan yaitu staff program yang berada di Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Sidoarjo, SPV mengarahkan guru Genius dalam mengajar binaan anak yatim dhuafa’ yang berada disanggar, staff program memberi pengarahan SPV kepada guru Genius, Pengarahan guru Genius kepada anak yatim dhuafa’, pengarahan modul untuk bimbingan belajar yang diajarkan untuk naikke level yang lebih tinggi disetiap sanggar Genius. Pengkoordinasian yaitu terdapat komunikasi atau koordinasi dari staff program ke setiap sanggar, SPV, guru Genius dan anak binaan. Dan pengendalian yaitu melakukan pembinaan untuk mengetahui kelebihan dan kekurang proses belajar mengajar disetiap sanggar, pembinaan kepada guru Genius bersama staff program setiap satu bulan sekali, adanya form pelaporan yang dilakukan setiap satu bulan sekali.
Kata kunci : Manajemen Program

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adibah, Rosyidatulrosyidatuladibah12@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program ;bimbingan belajar genius
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Adibah Rosyidatul
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:17
Last Modified: 12 Apr 2019 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item View Item