Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ciri Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Berbantuan Video Di Kelas III MINU Ngingas Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthomimah, Afida (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ciri Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Berbantuan Video Di Kelas III MINU Ngingas Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afida Muthomimah_D97215048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III C MINU Ngingas Waru pada materi ciri makhluk hidup. Model pembelajaran yang digunakan guru dalam kelas kurang inovatif dan kurangnya pemanfaatan media belajar saat pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal yakni hanya 43,2% siswa yang dapat mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan tindakan perbaikan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan menggunakan bantuan media pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi materi ciri makhluk hidup di kelas III MINU Ngingas Waru, 2) peningkatan hasil belajar siswa materi ciri makhluk hidup di kelas III MINU Ngingas Waru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian dari Kurt Lewin yang terdiri 2 siklus, dimana tindakan setiap siklus dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III C MINU Ngingas Waru dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan hasil data observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 81,57 (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 94,31 (sangat tinggi). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 91,67 (sangat tinggi) dan meningkat pada siklus II sebesar 95. (2) Peningkatan hasil belajar terjadi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatf tipe think pair share dengan berbantuan video yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada pra siklus mendapatkan rata-rata 68,16 dengan prosentase ketuntasan 43,2% (sangat kurang). Siklus I mendapatkan rata-rata 79,86 dengan prosentase ketuntasan 64,8% (kurang). Siklus II mendapatkan rata-rata 87,70 dengan prosentase ketuntasan 89,1% (baik). Terdapat peningkatan yang baik di setiap siklus dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthomimah, Afidaafidamuthomimah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif; Think Pair Share; Media Video
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muthomimah Afida
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:54
Last Modified: 12 Apr 2019 06:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31135

Actions (login required)

View Item View Item