Implementasi penetapan Rate Tabarru' produk Takaful dana pendidikan pada Claim Risk peserta PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah,, Umi. (2019) Implementasi penetapan Rate Tabarru' produk Takaful dana pendidikan pada Claim Risk peserta PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Sa'diyah_G74215184.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Penetapan Rate Tabarru’ Produk Takaful Dana Pendidikan pada Claim Risk Peserta PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya” merupkan penelitian secara kualitatif yang merupakan jawaban dari pertanyaan implementasi penetapan rate tabarru’ pada produk Takaful Dana Pendidikan serta implementasi rate tabarru’ produk Takaful Dana Pendidikan pada claim risk peserta PT. Asuransi Takaful Keluarga Suarabaya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan kebenaran atau fakta-fakta yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah implementasi penetapan rate tabarru’ produk Takaful Dana Pendidikan adalah besar kecilnya penetapan rate tabarru’ kepada peserta yang dilakukan oleh underwriter berpengaruh kepada besar kecilnya persediaan dana tabarru’ yang terkumpul oleh karena itu underwriter dituntut untuk melakukan penetapan rate tabarru’ dengan benar menggunakan acuan tabel mortality yang didalamnya melibatkan usia, jenis kelamin, pekerjan dan hobby. Faktor yang menyebabkan kesalahan underwriter dalam menetapkan rate tabarru’ adalah tuntutan target dan ketelitian yang dibebankan oleh perusahaan serta emosi akibat masalah pribadi atau suasana perubahaan yang kurang mendukung. Analisis risiko yang dilakukan oleh underwriter terhadap penentuan rate tabarru’ dengan tujuan menyeimbangkan antara pengolahan dana tabarru’ terhadap claim risk yang terjadi dan pembayarannya menggunakan dana tabarru’ sesuai dengan hasil penyelidikan perusahaan. Manfaat yang tercover dalam Takaful Dana Pendidikan yaitu meninggal dunia karena kecelakaan mendapatkan 100% Manfaat Takaful Awal beserta biaya jenjang tahapan sekolah dan beasiswa setiap tahun hingga Perguruan Tinggi, meninggal dunia bukan karena kecelakaan mendapatkan 50% Manfaat Takaful Awal beserta biaya jenjang tahapan sekolah dan beasiswa setiap tahun hingga Perguruan Tinggi dan santunan atas meninggalnya anak mendapatkan 10% Manfaat Takaful Awal. Dari hasil penelitian ini anatara teori yang mendung dengan praktik dalam perusahaan sudah sesuai serta dari penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya dalam menciptakan suasana kenyamanan bagi seluruh karyawan terutama target dan tingkat ketelitian yang dibebankan kepada underwriter serta bagi underwriter sendiri untuk lebih berhati-hati dalam menetapkan rate tabarru’ karena hal tersebut merupakan sesuatu yang menyangkut berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mengelola dana tabarru’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah,, Umi.umi.sadiyah11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Uncontrolled Keywords: Rate tabarru’; Claim Risk; Underwriter
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sa'diyah Umi
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:21
Last Modified: 12 Apr 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item