Peningkatan pemahaman Bahasa Inggris materi Things at hOme melalui metode pembelajaran Mind Mapping kelas III MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dita, Senandung Trisna (2019) Peningkatan pemahaman Bahasa Inggris materi Things at hOme melalui metode pembelajaran Mind Mapping kelas III MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Senandung Trisna Dita_D97215109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris materi Things at Home. Hal ini terjadi karena masih mendominasinya guru dalam proses pembelajaran serta kurangnya inovasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Oleh harena itu, peneliti menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Things at Home untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa kelas III MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Things at Home dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping?. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kurt Lewin, yang memiliki empat tahapan dalam setiap siklusnya. 4 tahapan tersebut antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatus Syarifah Sukodono Sidoarjo dengan subyek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 29 siswa. Peneliti melakukan wawancara, observasi, tes tulis, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : 1) Metode pembelajaran Mind Mapping dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran, terlihat dari hasil observasi guru yang pada siklus I sebesar 83,8 (baik) meningkat menjadi 92,6 (sangat baik) pada siklus II. Serta hasil observasi siswa yang pada siklus 1 memperoleh 73,3 (cukup) meningkat menjadi 91,6 (sangat baik) pada siklus II. 2) Pemahaman siswa terhadap materi Things at Home juga meningkat. Terlihat dari rata-rata nilai kelas pada pra siklus sebesar 73,8 (cukup), pada siklus I menjadi 78,9 (cukup), dan semakin meningkat pada siklus II sebesar 91,2 (sangat baik). Selain itu presentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 62% (cukup), menjadi 72,4% (baik) pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II sebesar 93,1% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dita, Senandung Trisnasenandungtd@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pemahaman; Things at Home; Mind Mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dita Senandung Trisna
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:34
Last Modified: 12 Apr 2019 03:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31132

Actions (login required)

View Item View Item