Pengorganisasian Masyarakat Menghadapi Belenggu Pertanian Kimia di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Adawiyah, Robi'a (2019) Pengorganisasian Masyarakat Menghadapi Belenggu Pertanian Kimia di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robia Al Adawiyah_B02215019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang ketidakberdayaan masyarakat dalam menghadapi belenggu penggunaan bahan kimia pada pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana belenggu bahan kimia pada pertanian di Desa Dadapan, mengetahui proses pengorganisasian masyarakat sebagai upaya atau strategi dalam mengatasi masalah tersebut, serta mengetahui relevansi pengorganisasian masyarakat islam sebagai proses pemecahan masalah.Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yang lebih mengedepankan partisipasi masyarakat dan menjadikan sebagai subjek dalam proses pengorganisasian. Proses penelitan ini dilaksanakan dengan mengkaji masalah yang ada di dalam masyarakat hingga proses penyelesaian dari masalah tersebut. Sehingga akan tercipta perubahan sosial yang dikehendaki dalam masyarakat. Masalah tingginya penggunaan bahan kimia oleh masyarakat pada pertanian di Desa Dadapan memberikan dampak yang sangat buruk bagi lingkungan. Proses pengorganisasian sebagai upaya pemecahan masalah dalam penelitian ini dilakukan dengan berbagai tahap penelitian PAR, dimulai dari pemetaan awal hingga monitoring dan evaluasi program yang dilaksanakan bersama masyarakat. Adapun perubahan yang terjadi setelah adanya kegiatan adalah masyarakat memiliki pemahaman dan ketrampilan untuk mengembangkan pertanian ramah lingkungan, kelompok tani dapat mengorganisir sistem pertanian dengan baik, serta ada kebijakan desa yang berpihak pada petani ramah lingkungan. Sehingga proses riset aksi ini dapat menciptakan perubahan sosial dalam masyarakat yang kuat dan mandiri.Proses pengorganisasian masyarakat dalam relevansi dakwah pengembangan masyarakat islam sebagai proses pemecahan masalah dalam penelitian ini dilihat dari penerapan proses pengorganisasian yang bernilaikan keislaman di masyarakat. islam mengajarkan umat manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan. Islam merupakan agama yang rahmatan lil ‘alamin yakni rahmat bagi seluruh alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Adawiyah, Robi'aaderobiah7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat Islam
Masyarakat
Masalah sosial
Pertanian
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Pertanian Ramah Lingkungan; Ketidak berdayaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Al Adawiyah Robi'a
Date Deposited: 12 Apr 2019 04:10
Last Modified: 12 Apr 2019 04:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31127

Actions (login required)

View Item View Item