Penguatan nilai-nilai Pendidikan Karakter siswa melalui model Pembelajaran Halaqah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Tri Risky Prasetiyo (2019) Penguatan nilai-nilai Pendidikan Karakter siswa melalui model Pembelajaran Halaqah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Risky Prasetiyo Wati_D91215081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah bentuk penguatan nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMKN 5 Surabaya? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 5 Surabaya? (3) Bagaimana bentuk penguatan nilai-nilai pendidikan karakter siswa melalui model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 5 Surabaya? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu penulis mengenai bentuk penguatan nilai-nilai pendidikan karakter siswa yang berada di sekolah umum (tidak khusus berbasis Islam) melalui model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang mana dalam mengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai pendidikan karakter siswa melalui model pembelajaran halaqah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMKN 5 Surabaya menggunakan beberapa strategi. Strategi tersebut antara lain adalah pengkondisian siswa pada saat kegiatan pembelajaran, baik dari sikap posisi duduk siswa maupun dari proses pelaksanaan halaqah itu sendiri. Adapun strategi selanjutnya yaitu penetapan kebijakan (ranah manajemen) mengenai tempat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang wajib dilaksanakan di masjid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Tri Risky Prasetiyotririskypw.911@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Halaqah; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wati Tri Risky Prasetiyo
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:05
Last Modified: 15 Apr 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31124

Actions (login required)

View Item View Item