Membangun Masyarakat Sehat Melalui Pembentukan Keluarga Sehat Di Dusun Tawangrejo Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh,, Binti. (2019) Membangun Masyarakat Sehat Melalui Pembentukan Keluarga Sehat Di Dusun Tawangrejo Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Munawaroh_B02215005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengorganisasian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dengan upaya promotif dan preventif terhadap meningkatnya penyakit di masyarakat Dusun Tawangrejo. Adapun fokus masalah yang dirumusakan diantaranya: 1) Bagaimana situasi kesehatan masyarakat di Dusun Tawangrejo Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun?, 2) Bagaimana strategi pengorganisasian yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat ?, 3) Bagaimana hasil dari proses pasca pengorganisasian dalam rangka meningkatnya kesehatan masyarakat?. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode PAR (Participatory Action Research) dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dalam prosesnya. Langkah pertama yang dilakukan membangun kepercayaan di masyarakat, langkah kedua menentukan strategi bersama masyarakat dan localleader, langkah ketiga membangun kesepakatan bersama masyarakat sampai terwujudnya perencanaan aksi. Strategi pengorganisasian yang digunakan adalah 1) Melakukan penyadaran melalui pendidikan dan kampanye hidup sehat bersama lembaga sosial diantarnya Posyandu, PAUD/TK dan siswa SDN Tawangrejo 01, 2) Pembentukan kelompok sadar sehat, 3) Pengoptimalisasi posyandu lansia, 4) Advokasi kepada Pemerintah Desa dan Puskesmas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan agar penyakit dan angka kematian bisa berkurang. Hasil pengorganisasian dapat dilihat melalui adanya perubahan di masyarakat, diantaarnya: 1) Masyarakat memiliki pemahaman dan menerapkan pola hidup sehat pada tatanan keluarga, 2) Pembentukan kelompok sadar sehat yang dapat menggerakkan masyarakat 3) dan Optimalnya posyandu lansia dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh,, Binti.binticahayaku@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Keluarga
Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Kesehatan Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Munawaroh Binti
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:09
Last Modified: 12 Apr 2019 03:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item View Item