Peran guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan religiusitas peserta didik pada masa religious instability SMK negeri 1 Miri Sragen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Aida Fitria Fathimah (2019) Peran guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan religiusitas peserta didik pada masa religious instability SMK negeri 1 Miri Sragen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aida Fitria Fathimah Azzahra_D91215046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah mengenai peran guru PAI sebagai pendidik yang memiliki misi tercapainya tujuan pendidikan, yaitu terciptanya keseimbangan dalam pribadi manusia dengan terlaksananya pengabdian penuh kepada Allah SWT. Realita saat ini, sekolah umum atau kejuruan yang memiliki jadwal pembelajaran yang padat apabila peserta didik tidak memiliki mentor yang professional, maka terjadilah peserta didik tersebut hanya fokus terhadap kejuruan yang ia tekuni. Masa remaja adalah masa rawan yaitu masa ketidakstabilan dalam beragama. Dalam mencetak generasi lulusan peserta didik dengan kualitas yang bagus harus memiliki ilmu pendidikan serta diiringi religiusitas yang mumpuni. Sebab itu peserta didik membutuhkan peran seorang pendidik dalam mengembangkan religiusitas terhadap mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengembang religiusitas peserta didik, mengidentifikasi religiusitas peserta didik dan mendeskripsikan peran guru PAI SMK Negeri 1 Miri Sragen dalam mengembangkan religiusitas peserta didik yang sedang berada pada masa religious instability. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan religiusitas peserta didik. Kedua bagaimana religiusitas peserta didik tersebut dan yang ketiga adalah bagaimana peran guru PAI dalam mengembangkan religiusitas peserta didik pada masa religious instability SMK Negeri 1 Miri Sragen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan metode analisis data melalui proses data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya guru PAI mengembangkan religiusitas peserta didik dengan melakukan konseling, nasehat, pendekatan psikologis, menciptakan chemistry, memenuhi kebutuhan jiwa peserta didik, memberi punishment bersifat keagamaan, melatih pelaksanaan ibadah, perilaku penghayatan terhadap agama Islam dalam kegiatan pembelajaran di luar kelas dan menindak lanjuti dengan pemantauan serta pembiasaan di kesehariannya seperti tegur salam, doa bersama, mushafahah, memberi tauladan, membaca Asmaul Husna dan Al-Quran. 2) Religiusitas peserta didik dilihat dengan menggunakan konsep religiusitas Nashori yakni dimensi akidah, dimensi ibadah, dimensi akhlak, dimensi ihsan dan dimensi ilmu. Hal tersebut terlihat dalam wujud perilaku keseharian peserta didik di sekolah. 3) Dari upaya yang telah dilakukan, guru PAI SMK Negeri 1 Miri Sragen memiliki 9 peranan diantaranya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasihat, model dan teladan, motivator, pembangkit pandangan dan evaluator. Adapun dalam perspektif pendidikan Islam dikelompokkan menjadi peranan mursyid, muaddib, mudarrib dan mustasyar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Aida Fitria Fathimahaidafitriafa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Psikologi Islam
Psikologi Belajar
Remaja
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Religiusitas; Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azzahra Aida Fitria Fathimah
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:46
Last Modified: 12 Apr 2019 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item View Item