Peran Ustadzah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Putri Al-Farros Tebuireng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fu'adah, Firdianty (2019) Peran Ustadzah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan Belajar Santriwati di Pondok Pesantren Putri Al-Farros Tebuireng. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firdianty Fu'adah_D9125094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penanaman kedisiplinan adalah salah satu pendidikan penting yang mengarah pada aspek behavioristik. Mengingat saat ini arus globalisasi dan degradasi moral semakin sering terdengar membuat orang tua khawatir terhadap anaknya terlebih yang memiliki seorang putri. Orang tua mempercayakan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membentuk seseorang menjadi insan yang berakhlakul karimah berlandaskan pada al-Qur’an dan Sunnah Sosok ustadzah di pesantren sebagi pembina pondok putri berperan sebagai orang tua, guru, dan teman bagi santriwati. Proses belajar adalah kegiatan yang terjadi secara alamiah dan berulang-ulang. Akan tetapi masih belum banyak yang merasa bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan. Perlunya kedisiplinan belajar yang diterapkan oleh penggerak pendidikan di setiap lembaga sebagai upaya membantu seseorang memahami hakikat dari belajar itu sendiri. Perubahan dimulai dengan kedisiplinan yang bersifat sederhana, sehingga untuk membentuk prbadi santri yang berkualitas perlu adanya penanaman kedisiplinan diri. Penelitian ini berfokus pada peran ustadzah sebagai pembina pondok dalam menanamkan kedisiplinan belajar santriwati yang memasuki masa remaja sehingga lebih terarah. Dengan memperoleh data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi diharapkan penelitian ini memiliki keabsahan dari data yang diperoleh. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitataif dengan mengolah dan menginterpretasikan data yang kemudian dianalisis untuk diambil kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fu'adah, Firdiantyfirdahere19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Kedisiplinan; Ustadzah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fu'adah Firdianty
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:44
Last Modified: 12 Apr 2019 01:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31107

Actions (login required)

View Item View Item