Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Penaksiran Dan Pembulatan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV-1 MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andayani, Utia (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Penaksiran Dan Pembulatan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV-1 MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Utia Andayani_D97215078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan dari kurangnya variasi dalam proses belajar mengajar yang digunakan oleh guru. Selain itu disebabkan karena minimnya rasa simpatik siswa kepada teman lainnya didalam kelas yang membuat pembelajaran menjadi kurang aktif dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar yang di peroleh pada pra siklus sebesar 25% dari 20 siswa. Sehingga banyak siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit yang mengakibatkan siswa kurang antusias untuk mengikuti pembelajaran matematika. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk peningkatan hasil belajar siswa materi penaksiran dan pembulatan siswa kelas IV-1 MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa materi penaksiran dan pembulatan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas IV-1 MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan model PTK dari Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen, yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, tes, non tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ini berjalan baik dan berhasil mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada materi penaksiran dan pembulatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas IV-1 MI Islamiyah. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir yang diperoleh pada observasi aktivitas guru siklus I sebesar 88 (tinggi) dan meningkat menjadi 95 (sangat tinggi). Sedangkan nilai akhir aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mendapat nilai sebesar 81 (tinggi) menjadi 89 (tinggi) pada siklus II. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus presentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 25% (kurang sekali) dengan nilai rata-rata 67,2, siklus I diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 60% (cukup) dengan nilai rata-rata sebesar 67,76, dan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 85% (baik) dengan nilai rata-rata 82,87 dan telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andayani, Utianidji.utia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Materi Penaksiran dan Pembulatan; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Andayani Utia
Date Deposited: 12 Apr 2019 07:05
Last Modified: 12 Apr 2019 07:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31101

Actions (login required)

View Item View Item