TATHWIR MAWAD TA’LIM MAHARAH AL ISTIMA’ FI AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH LI THULAB AL FASHL AL SABI’ FI MADRASAH “AL TAUHID” AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH SIDOSERMO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muniroh, Atifah (2015) TATHWIR MAWAD TA’LIM MAHARAH AL ISTIMA’ FI AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH LI THULAB AL FASHL AL SABI’ FI MADRASAH “AL TAUHID” AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH SIDOSERMO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Menyimak merupakan bagian dari empat ketrampilan berbahasa yang pertama dilakukan dan diterapkan dalam proses belajar mengajar maupun dalam proses pemerolehan bahasa. Namun pada kenyataannya ketrampilan mendengar ini, sedikit sekali pelajar ataupun pengajar yang memperhatikannya. Hal yang serupa juga terjadi di sekolah MTs At-Tauhid Sidoresmo Surabaya. Dimana disekolah ini pelajar dan pengajarnya juga minim sekali antusiasnya terhadap pembelajaran Istima’.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang sesuai bagi siswa kelas VII MTs At-Tauhid Sidoresmo Surabaya, serta bertujuan untuk mengukur efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dalam ketrampilan menyimak bagi siswa kelas VII MTs At-Tauhid Sidoresmo Surabaya
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana pengembangan bahan ajar yang sesuai guna untuk meningkatkan Ketrampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah At Tauhid Sidoresmo Surabaya? 2) Sejauh mana efektifitas pembelajaran bahasa khususnya ketrampilan menyimak ketika menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan?.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model penelitian Research and Development Borg & Gall. Disertai uji eksperimen bahan ajar dengan jenis tes post tes dan pree tes pada kelas control dan kelas uji coba. Kemudian untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang telah dikembangkan dan di ajarkan adalah dengan menggunakan Uji-T.
Hasil dari penelitian ini adalah, 1) bahan ajar ketrampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa arab bagi siswa kelas VII di madrasah tsanawiyah at tauhid sidoresmo surabaya, 2) Dengan dikembangkannya bahan ajar pembelajaran bahasa Arab pada ketrampilan menyimak, terdapat efektifitas peningkatan dari sebelumnya. Dengan T-hitung 23,66 > T-tabel 3,55 dengan taraf kepercayaan 99,9%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai awal sebelum uji coba dan nilai akhir setelah uji coba bahan ajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Afifi Azhari
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muniroh, AtifahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Menyimak; R&D; Keterampilan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:44
Last Modified: 07 Jan 2016 08:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item