Peningkatan keterampilan membaca huruf hijaiyah melalui metode at-tartil di kelas I MI HASYIM ASYARI Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Fatma Kumala (2019) Peningkatan keterampilan membaca huruf hijaiyah melalui metode at-tartil di kelas I MI HASYIM ASYARI Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatma Kumala Dewi_D07215013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurangnya keterampilan membaca siswa dalam materi huruf hijaiyah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan kurang bervariatif mengakibatkan rendahnya keterampilan membaca siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan tindakan perbaikan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist materi huruf hijaiyah dengan menggunakan metode At-Tartil.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode At-Tartil dalam peningkatan keterampilan membaca siswa materi huruf hijaiyah dengan metode At-Tartil mata pelajaran Al-qur’an Hadist pada siswa kelas I MI Hasyim Asyari Sukodono Sidorjo? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan membaca materi huruf hijaiyah dengan metode At-Tartil pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas I MI Hasyim Asyari Sukodono Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subyek 28 peserta didik dan tempat penelitian di MI Hasyim Asyari Sukodono Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru guru dan peserta didik, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor observasi aktivitas guru dn peserta didik mengalami peningkatan, yaitu skor observasi aktivitas guru yang mendapat skor 72 pada siklus I menjadi 92,8 pada siklus II. Kemudian skor observasi aktivitas peserta didik yang mendapat skor 69,4 pada siklus I menjadi 87,5 pada siklus II. Keterampilan memaca huruf hijaiyah siswa pada penelitian ini ini juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 53.7% meningkat menjadi 71% pada siklus I, dan meningkat menjadi 89,2% pada siklus II. Rata-rata kelas meningkat siklus I yaitu 78,1 menjadi 87,1 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Fatma Kumaladewifatmakumala9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca; Huruf Hijaiyah At-Tartil; Qur’an Hadist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Fatma Kumala
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:42
Last Modified: 12 Apr 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31094

Actions (login required)

View Item View Item