Peningkatan pemahaman tema 5 subtema 2 materi pahlawan indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas IV-A MI Al Ahmad Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Dwi Rahmi (2019) Peningkatan pemahaman tema 5 subtema 2 materi pahlawan indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas IV-A MI Al Ahmad Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Rahmi Amalia_D07215011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik di kelas IV-A MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo yang masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa cenderung pasif. Berdasarkan hasil kegiatan pra siklus, persentase ketuntasan siswa pada mata pelajaran IPS 36,67% dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 66,67%. Materi yang dirasa cukup sulit bagi siswa serta proses pembelajaran yang masih berusat pada guru membuat siswa jenuh dan tidak disiplin dalam mengikuti pembelajaran sehingga tingkat pemahaman siswa rendah. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan pemahaman Tema 5 Subtema 2 materi Pahlawan Indonesia pada siswa kelas IV-A MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo?; (2) Bagaimana peningkatan pemahaman Tema 5 Subtema 2 materi Pahlawan Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas IV-A MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo? Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV-A MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapat nilai 62,5 meningkat pada siklus II menjadi 85,22. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat nilai 66,18 dan pada siklus II 82,35. (2) Pemahaman siswa meningkat pada tiap siklus. Pada pra siklus persentase ketuntasan siswa pada mata pelajaran IPS yaitu 36,67% dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 66,67%. Meningkat pada siklus I menjadi 43,33% pada mata pelajaran IPS dan 70% pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Meningkat pada siklus II 83,33% pada mata pelajaran IPS dan 90% pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Dwi Rahmidwirahmiamalia18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Indonesia
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Sejarah
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Pahlawan Indonesia; Model Snowball Throwing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amalia Dwi Rahmi
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:57
Last Modified: 12 Apr 2019 02:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31090

Actions (login required)

View Item View Item