Peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media colour board pada materi pembagian bersusun pendek siswa kelas III MI Al-Ihsan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Annuni, Hani' (2019) Peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media colour board pada materi pembagian bersusun pendek siswa kelas III MI Al-Ihsan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hani' Annuni_D97215092.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan berhitung siswa kelas III MI AL-IHSAN Sidoarjo pada materi pembagian bersusun pendek. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil wawancara dengan guru Matematika, yaitu masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Dan hasil dari pre tes yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan hampir 60% dari 34 siswa di kelas III yang belum memiliki kemampuan berhitung pada materi pembagian bersusun pendek. Adapun salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi pembagian bersusun pendek adalah dengan menggunakan media Colour Board. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan media Colour Board pada materi pembagian bersusun pendek siswa kelas III MI AL-IHSAN Sidoarjo; 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung pada materi pembagian bersusun pendek dengan menggunakan media Colour Board siswa kelas III MI AL-IHSAN Sidoarjo. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model dari Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 4 tahapan, yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI AL-IHSAN Sidoarjo pada kelas III dengan jumlah siswa 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data penelitian ini didapat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan media Colour Board pada materi pembagian bersusun pendek di kelas III MI AL-IHSAN Sidoarjo telah dilakukan sesuai dengan perencanaan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil skor aktivitas guru, yaitu 77,5 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 90,9 (sangat baik) pada siklus II. Dan skor aktivitas siswa yaitu, 71,7 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 87,5 (sangat baik) pada siklus II; 2) Peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas III pada materi pembagian bersusun pendek menggunakan media Colour Board di MI AL-IHSAN Sidoarjo sudah mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 41,2% (sangat kurang) pada tahap prasiklus, 70,6% (cukup) pada tahap siklus I, dan mencapai 91,2% (sangat baik) pada tahap siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Annuni, Hani'hani.annuni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annuni Hani'
Date Deposited: 12 Apr 2019 06:51
Last Modified: 12 Apr 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item