TATHWIR MAWAD TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH LI MAHARAH AL KITABAH FI AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH KAUKABUDDURI AL MUTAWASITHAH BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wasik, Abd (2015) TATHWIR MAWAD TA’LIM AL LUGHAH AL ‘ARABIYAH LI MAHARAH AL KITABAH FI AL SHAF AL TSAMIN BI MADRASAH KAUKABUDDURI AL MUTAWASITHAH BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan sumber dari berbagai ilmu pengetahuan, dan untuk mendalaminya tidak bisa lepas dari ilmu kaidah bahasa yang diantaranya adalah kaidah imla’ dalam penulisan bahasa Arab. Penelitian ini fokus di pengembangan buku ajar Pelajaran Bahasa Arab untuk kelas VIII Madrasah Tsanawiyah karya DR. Hidayat, yang diterbitkan oleh PT. Karya Toha Putra Semarang, yang mana di dalamnya kebanyakan tentang keterampilan membaca dan mendengar, dan sedikit latihan dalam keterampilan menulis terutama kaidah imla’.
Materi yang dikembangkan ini dapat membantu siswa dalam pengembangan keterampilan menulis arab sesuai dengan kaidah imla’, sehingga mereka dapat mempelajari keterampilan tersebut dengan baik, dan produk ini mendukung mereka mempelajari bahasa Arab di dalam dan di luar kelas, dan materi yang dikembangkan ini supaya meningkatkan perhatian mereka terhadap konten dan isi daripada materi itu sendiri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanatitaif dan jenis penelitian yang dipakai adalah Research and Development, yakni pengembangan bahan ajar dalam keterampilan menulis bahasa Arab, metode penelitian yang dipakai para peneliti untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Dan pengembangan ini fokus kepada keterampilan menulis bahasa Arab.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan bahan ajar dari aspek kaidah imla’ membantu membiasakan siswa dalam pelajaran menulis. Hal ini juga diketahui dari hasil dari kuesioner, dan %52937 murid mengomentari bahwasanya penerapan pembelajaran ini baik dan dapat membantu mereka membiasakan menulis. Hal ini terlihat dari data analisis dari product moment yang menyebutkan angka %0, nilai ini terletak antara 00-%0. Ini menunjukkan bahwa ada efek dalam pengajaran menulis yang sesuai dengan kaidah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Afif Azhari
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wasik, AbdUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Bahasa Arab; Keterampilan; Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:35
Last Modified: 07 Jan 2016 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item