Peningkatan pemahaman siswa pada tema 2 sub tema 1 materi sumber energi melalui model Problem Based Learning kelas IV MI Ma'arif Kedung Kendo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafidah, Siti (2019) Peningkatan pemahaman siswa pada tema 2 sub tema 1 materi sumber energi melalui model Problem Based Learning kelas IV MI Ma'arif Kedung Kendo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nafidah_D97215073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama yaitu penerapan kurikulum 2013 baru saja dimulai di sekolah tersebut, sehingga guru kebingungan dengan apersepsi dan pengelolaan kelas dalam pelajaran tematik. Faktor kedua, penyampaian materi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan tanpa melibatkan siswa secara langsung, sehingga siswa cenderung pasif. Faktor ke tiga yaitu, kesulitan siswa dalam membedakan materi yang dipelajari, sehingga menyebabkan nilai ulangan harian siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman siswa pada tema 2 sub tema 1 materi sumber energi pada siswa kelas IV MI Ma’arif Kedung Kendo Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa melalui model Problem Based Learning pada tema 2 sub tema 1 materi sumber energi pada siswa kelas IV MI Ma’arif Kedung Kendo Sidoarjo. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma'arif Kedung Kendo Sidoarjo yang terdiri dari 24 siswa. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan model Problem Based Learning telah dilakukan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari skor aktivitas guru pada siklus I adalah 88,6 (baik). Dan meningkat pada siklus II dengan skor 94,5 (sangat baik). Skor aktivitas siswa di siklus I adalah 65 (cukup), dan meningkat pada siklus II dengan skor 84 (baik). 2) Data hasil tes menunjukkan peningkatan pemahaman siswa pada hasil tes IPA pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 71,3 (cukup). Pada siklus II meningkat menjadi 85,4 (baik). Persentase ketuntasan siklus I sebesar 75% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 87% (baik). Hasil tes pada mata pelajaran IPS siklus I rat-rata nilai siswa adalah 67,5 (cukup). Pada siklus II meningkat menjadi 86 (baik). Persentase ketuntasan siklus I adalah 62,5% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 91% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafidah, Sitisiti.nafidah82@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Pemahaman Siswa; Sumber Energi; Model Problem Based Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nafidah Siti
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:53
Last Modified: 11 Apr 2019 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31076

Actions (login required)

View Item View Item