Peningkatan pemahaman mata pelajaran fikih materi infak dan sedekah melalui metode mind mapping pada siswa kelas IV MI Darul Hikmah Mojosari

Fathurridho, Muhammad (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran fikih materi infak dan sedekah melalui metode mind mapping pada siswa kelas IV MI Darul Hikmah Mojosari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fathurridho_D97215098.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran fikih materi infak dan sedekah di kelas IV MI Darul Hikmah Mojosari menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi infak dan sedekah yang disampaikan rendah. Hal tersebut dapat diketahui dari data prasiklus yang diperoleh 8 siswa saja yang mengalami ketuntasan dari total 22 siswa, dimana prosentase ketuntasan belajar sebesar 36,3%. Hal tersebut disebabkan pada proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru. Sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode mind mapping untuk memfasilitasi siswa agar aktif dalam pembelajaran. Rumusan Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) bagaimana penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman materi infak dan sedekah pada siswa kelas IV mata pelajaran Fikih di MI Darul Hikmah Mojosari?. 2) bagaimana peningkatan pemahaman materi infak dan sedekah dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas IV mata pelajaran Fikih di MI Darul Hikmah Mojosari?. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana pada tiap siklus memiliki 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Serta teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ialah sebagai berikut : 1) penerapan metode pembelajaran mind mapping berjalan sesuai dengan perencanaan. Pada siklus I skor hasil observasi aktivitas guru adalah 94,1 (Sangat Baik) dan pada siklus II meningkat 95,5 (Sangat Baik). Sedangkan skor hasil observasi aktivitas siswa adalah 91,1 (Sangat Baik) dan pada siklus II meningkat 92,6 (Sangat Baik). 2) peningkatan kemampuan memahami siswa materi infak dan sedekah mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata 69,1 (Cukup) dan skor prosentase ketuntasan belajar siswa 68,1% (Cukup). Mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,1 (Baik) dan skor prosentase ketuntasan belajar siswa 90,9% (Baik Sekali).

Email: fathurridhomuhammad@gmail.com
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sihabudin, Sihabudin
Uncontrolled Keywords: Peningkatan pemahaman; Infak dan sedekah; Metode mind mapping
Subjects: Agama
Amal Jariyah
Fikih
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Depositing User: Fathurridho Muhammad
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:59
Last Modified: 11 Apr 2019 01:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31072

Actions (login required)

View Item View Item