Fa'aliyah tathbiiq thoriqoh ECOLA (Extending Concept Through Language Activities) bi lu'bah Lauhah K-W-L litarqiyah maharah al qira'ah ladha al thullab al fashl al tsamin bil madrasah al mutawassitha al islamiyah al hukumiyah 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Alfi Nurlalita (2019) Fa'aliyah tathbiiq thoriqoh ECOLA (Extending Concept Through Language Activities) bi lu'bah Lauhah K-W-L litarqiyah maharah al qira'ah ladha al thullab al fashl al tsamin bil madrasah al mutawassitha al islamiyah al hukumiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Nurlalita Devi_D02215005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 1 Sidoarjo masih tradisional terutama pada pembelajaran keterampilan membaca, guru masih menggunakan metode ceramah tanpa adanya inovasi dalam penggunaan metode pembelajaran yang ada. Sehingga siswa-siswi terlihat bosan dan tidak semangat dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Maka dari itu, peneliti menerapkan metode ECOLA (Extending Concept Through Language Activities) dengan permainan bagan K-W-L untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan keterampilan membaca siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui penerapan metode ECOLA dengan permainan bagan K-W-L untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Sidoarjo. 3) untuk mengetahui efektivitas penerapan metode ECOLA dengan permainan bagan K-W-L untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan analisis data. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII A yang terdiri dari 32 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Efektivitas Penerapan Metode ECOLA (Extending Concept Through Language Activities) dengan Permainan Bagan K-W-L untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-hitung (-15,7), sedangkan T-tabel (-1,696). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Alfi Nurlalitaalfylalita@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Metode ECOLA; Permainan Bagan K-W-L; Keterampilan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Devi Alfi Nurlalita
Date Deposited: 11 Apr 2019 04:29
Last Modified: 11 Apr 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31067

Actions (login required)

View Item View Item