Preferensi pedagang Pasar Pogot menjadi anggota BMT al Fithrah Mandiri Syariah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliyah, Nanda Rizki (2019) Preferensi pedagang Pasar Pogot menjadi anggota BMT al Fithrah Mandiri Syariah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Rizki Amaliyah_G74215164.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Preferensi Pedagang Pasar Pogot Menjadi Anggota BMT Al Fithrah Mandiri Syariah Surabaya”ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuanuntuk menjawab pertanyaan tentang (1) bagaimana preferensi pedagang Pasar Pogot menjadi anggota BMT Al Fithrah, dan (2) apa faktor yang memengaruhi preferensi pedagang Pasar Pogot menjadi anggota BMT Al Fithrah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan snowball sampling, yakni memperoleh informasi dari beberapa responden yang kemudian meluas hubungannya terhadap responden lain sehingga tercapai jumlah sampling yang dibutuhkan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif berupa hasil dokumentasi, observasi dan wawancara yang berupa kata-kata saat wawancara. Untuk memudahkan menyampaikan hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik koding untuk menarik kesimpulan analisis terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa preferensi pedagang Pasar Pogot menjadi anggota BMT Al Fithrah Mandiri Syariah karena beberapa hal, diantaranya adalah kemudahan transaksi, layanan jemput bola, jarak mudah dijangkau, tidak ada saldo minimal dan tekanan saat menabung, anggota butuh tempat menabung, angsuran ringan, realisasi cepat, pelayanan baik, jujur, amanah. Selain itu juga adanya produk Si Riya dan Si Roha, anggota sebagai jama’ah Al Khidmah dan berprinsip syariah. Faktor-faktor preferensi pedagang Pasar Pogot diklasifikasikan menjadi 4 faktor, yaitu (1) faktor budaya karena kepercayaan pedagang terhadap Pondok Pesantren, (2) faktor Sosial karena pengaruh kelompok dan keluarga, (3) faktor pribadi karena faktor situasi ekonomi yakni tempat untuk menabung, untuk kebutuhan sehari-hari dan pendidikan anak. Faktor pekerjaan juga menjadi alasan karena adanya produk Si Riya, dan (4) faktor psikologi karena motivasi ingin umroh, pengetahuan tentang keuangan syariah, serta keyakinan terhadap Kiai dan sikap AO yang membuat anggota memutuskan memilih BMT Al Fithrah karena faktor realisasi cepat, sebaagai tambahan modal dan margin yang sedikit. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pihak BMT Al Fithrah diharapkan dapat memperluas jaringan kelompok masyarakat dengan mengadakan beberapa kegiatan dengan maksud mengajak masyarakat menggunakan jasa lembaga keuangan syariah. Untuk kepala BMT Al Fithrah agar tidak mengganti AO dengan mudah tanpa pengenalan terlebih dahulu, karena kedekatan yang terjalin antara anggota dan AO sudah sangat erat. Kemudian untuk AO agar lebih meningkatkan sosialisasi kepada anggota tentang saldo minimal 10% saat pembiayaan dan jatuh tempo serta pelayanan yang dapat meningkatkan loyalitas anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliyah, Nanda Rizkinandarizkiiiii@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Preferensi; Faktor Preferensi; Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amaliyah Nanda Rizki
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:19
Last Modified: 11 Apr 2019 01:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31059

Actions (login required)

View Item View Item