Pengaruh Membaca Skimming dengan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Budaya Literasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMP Negeri 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Ula Suci (2019) Pengaruh Membaca Skimming dengan Model Pembelajaran Inquiry terhadap Budaya Literasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ula Suci Agustina_D91215082.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, adalah 1. Bagaimana penerapan membaca skimming dengan model pembelajaran inquiry peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya? 2. Bagaimana budaya literasi mata pelajaran PAI peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya? 3. Sejauhmana pengaruh membaca skimming dengan model pembelajaran inquiry terhadap budaya literasi mata pelajaran PAI di SMP Negeri 22 Surabaya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan membaca skimming dengan model pembelajaran inquiry peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya, untuk mendeskripsikan budaya literasi mata pelajaran PAI peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya, dan untuk mengukur pengaruh membaca skimming dengan model pembelajaran inquiry terhadap budaya literasi mata pelajaran PAI peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian gabungan, yaitu gabungan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya sejumlah 437 peserta didik yang beragama Islam dengan pengambilan sampel 10% sebanyak 45 peserta didik dalam menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data di analisis secara deskriptif kualitatif kemudian menggunakan product moment dan uji t. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1. Kegiatan membaca skimming dengan model pembelajaran inquiry peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya dikategorikan baik dengan nilai prosentase 78%. Hal ini terbukti ketika peserta didik membaca dalam waktu 15 menit sehingga dapat menceritakan kembali terkait apa yang sudah dipahami. 2. Budaya literasi mata pelajaran PAI peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya dikategorikan baik dengan nilai 80%. Dalam membudayakan berliterasi mata pelajaran PAI yaitu dengan membiasakan dan menumbuhkan peserta didik melakukan kegiatan membaca dan menulis sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran pada mata pelajaran PAI. 3. Kegiatan membaca skimming dengan model pembelajaran inquiry mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap budaya literasi mata pelajaran PAI peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya. Hal ini terbukti bahwa nilai rxy = 0,21 maka thitung 18,4172 > ttabel 1,681 atau 18,4172 > ttabel 2,017. Oleh karena itu peserta didik SMP Negeri 22 Surabaya, teruslah kreatif, inovatif dalam proses pembelajaran dan berlatihlah membaca cepat dalam menentukan ide pokok suatu tema permasalahan guna meningkatkan budaya literasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Ula Suciulasuci21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Budaya
Uncontrolled Keywords: Membaca skimming dengan model pembelajaran inquiry; Budaya; literasi; Mata pelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agustina Ula Suci
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:47
Last Modified: 12 Apr 2019 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31043

Actions (login required)

View Item View Item