Penerapan strategi Pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih pokok bahasan Qurban pada siswa Kelas V SD Nurul Islam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masitha, Dewi (2011) Penerapan strategi Pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih pokok bahasan Qurban pada siswa Kelas V SD Nurul Islam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Masitha_D31206066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi Pembelajaran adalah tindakan nyata dari guru atau merupakan praktek guru melalcsanakan pengajaran melalui cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efisien. Pemberian strategi pembelajaran index card match dikatakan berhasil apabila ia dapat menggunakan strategi pembelajaran dengan tepat dan sesuai dengan materi yang akan dijarkan sehingga akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya dimana hasil belajarnya itu suatu perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja. Dari uraian di alas, sehingga penulis dalam skripsi ini mengangkat tentang bagimana penerapan strategi pembelajaran index card match untuk meningkatkan hasil belajar fiqih pokok bahasan qurban pada siswa kelas V SD Nurul Islam Surabaya. Untuk mencapai tujuan penelitian dilakukan penelitian lapangan dengan menggunakan metode populasi. Adapun yang dijadikan populasi adalah siswa SD Nurul Islam Surabaya yang berjumlah 38 siswa. Dan populasi ini data dapat diperoleh dari hasil eksperimen, tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretes memperoleh nilai sebesar 2555, kemudian untuk prosentase angket sebelum penerapan strategi pembelajaran index card match (sebesar 42,11%) yang berarti "kurang baik" dan sesudah penerapan strategi pembelajaran index card match pada siswa kelas V SD Nurul Islam Surabaya (sebesar 59,21%), yang berarti "cukup baik". Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar terdapat kenaikan yang signifikan antara pretes dan postes yakni diperoleh nilai 8,851 dengan db 37 taraf kepercayaan 5% adalah 2,02. jadi hipotesis kerja diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masitha, Dewi--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: strategi Pembelajaran; Index card match; Index Card Match; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 10 Apr 2019 03:48
Last Modified: 11 Apr 2019 10:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31016

Actions (login required)

View Item View Item