Peningkatan pemahaman materi Masa Remaja Nabi Muhammad SAW mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Kelas 3 di MI Safinda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfi Febriani, Fitria (2019) Peningkatan pemahaman materi Masa Remaja Nabi Muhammad SAW mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Kelas 3 di MI Safinda Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Lutfi Febriani_D97215091.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III MI Safinda Surabaya menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi masa remaja Nabi Muhammad Saw dalam kategori rendah. Penyampaian materi oleh guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang aktif dalam mengajak siswa untuk terlibat didalamnya. Hal ini menjadi penyebab tingkat pemahaman materi masa remaja Nabi Muhammad Saw mata pelajaran sejarah kebudayaan islam tergolong rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) diterapkan bertujuan memberikan perbaikan peningkatan pemahaman pada siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Masa Remaja Nabi Muhammad Saw untuk meningkatkan pemahaman kelas 3 di MI Safinda Surabaya? (2) Bagaimana Peningkatan Pemahaman Materi Masa Remaja Nabi Muhammad Saw Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Kelas 3 Di Mi Safinda Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ?. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah model kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III MI Safinda Surabaya yang terdiri dari 23 siswa. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada hasil observasi aktivitas guru siklus I yaitu 90 (baik) dan meningkat menjadi 97 (memuaskan) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 82 (baik) dan meningkat menjadi 96 (memuaskan) pada siklus II. (2) Peningkatan pemahaman siswa yang mendapat nilai di atas KKM dengan presentase prasiklus 30,4% dengan nilai rata-rata adalah 67 (kurang), siklus I 52% dengan nilai rata-rata adalah 71 (cukup), dan siklus II 87% dengan nilai rata-rata adalah 89 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfi Febriani, Fitriafitrialutfi99@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nabi Muhammad
Pendidikan > Pembelajaran
Kebudayaan > Kebudayaan Islam
Uncontrolled Keywords: Hasil Pemahaman; Masa Remaja Nabi Muhammad Saw; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Febriani Fitria Lutfi
Date Deposited: 10 Apr 2019 07:27
Last Modified: 11 Apr 2019 06:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31013

Actions (login required)

View Item View Item