Pengaruh faktor lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminah, Makinatul (2019) Pengaruh faktor lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Makinatul Aminah_G04215020.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya” merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji dan membuktikan adanya pengaruh secara parsial dan simultan antara lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian assosiatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan propotional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2015, 2016, dan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Analisis dalam penelitian menggunakan software IBM SPSS Versi 19. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel secara parsial. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai t hitung, t tabel dan nilai signifikansi. Pada variabel lingkungan keluarga nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 3,223 > 1,984 dengan nilai signifikansi < nilai α (0,05) yakni 0,002 < 0,05. Sedangkan pada variabel pengetahuan kewirausahaan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 4,943 > 1,984 dengan nilai signifikansi < nilai α (0,05) yakni 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel secara simultan. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai F hitung > dari F tabel yakni 28,665 > 3,09 dengan nilai signifikansi <  yakni 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa faktor lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan dapat menjadi faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha. Dengan demikian, faktor dukungan lingkungan keluarga dan pengetahuan kewirausahaan hendaknya dipertahankan dan lebih ditingkatkan dengan memberi tambahan mata kuliah tentang kewirausahaan, seminar dan meningkatkan praktek kewirausahaan karena praktek kewirausahaan diperlukan guna memberi pengalaman berwirausaha pada mahasiswa Ekonomi Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminah, Makinatulmakinatula@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Keywords: Faktor Lingkungan Keluarga; Pengetahun Kewirausahaan; Minat Berwirausaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aminah Makinatul
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:39
Last Modified: 09 Apr 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30984

Actions (login required)

View Item View Item