Penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe LT (Learning Together) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada Tema IV Berbagai Pekerjaan siswa Kelas IV MI Nurul Hidayah Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izati, Inayatul (2019) Penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe LT (Learning Together) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada Tema IV Berbagai Pekerjaan siswa Kelas IV MI Nurul Hidayah Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inayatul Izati_D07215018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV untuk memahami teks bacaan yang ada dalam materi tema IV berbagai pekerjaan. Hal tersebut diketahui saat wawancara dengan guru pada tahap prasiklus. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman dikarenakan pembelajaran guru yang selalu ceramah dan variasi strategi kurang dalam pembelajaran sehingga pada muatan BI hanya 32,14% dan pada muatan IPS hanya 21,42% siswa yang mencapai KKM. Salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa yaitu melalui model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT). Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe LT pada pembelajaran tema IV berbagai pekerjaan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV MI Nurul Hidayah. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV MI Nurul Hidayah melalui model pembelajaran LT. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di MI Nurul Hidayah pada siswa kelas IV MI Nurul Hidayah sebanyak 28 siswi yang terdiri dari 12 laki-laki dan 16 perempuan. Data penelitian di dapat dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe LT dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tema 4 berbagai pekerjaan dapat terlaksana dengan baik. Hasil obervasi aktivitas guru siklus I mendapat nilai 76,51 (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 88,63 (baik). Aktivitas siswa siklus I mendapatkan 71,21 (cukup) dan mengalami peningkatan sebanyak 89,39 (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman tema IV berbagai pekerjaan siswa kelas 4 MI Nurul Hidayah setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe LT terlihat peningkatan persentase kemampuan membaca pemahaman saat prasiklus muatan BI 32,14% (gagal) IPS 21,42% (gagal), siklus I muatan BI 60,71% (cukup) IPS 50% (kurang) dan pada siklus II muatan BI 85,71% (baik) IPS 75% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izati, Inayatulinayatulizati96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izati Inayatul
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:31
Last Modified: 11 Apr 2019 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30983

Actions (login required)

View Item View Item