Pendidikan Islam informal pada kelas menengah Muslim di Surabaya: studi tentang sosialisasi dan internalisasi nilai keislaman melalui Forum Dakwah Keagamaan di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Djazilan, M. Sukron (2018) Pendidikan Islam informal pada kelas menengah Muslim di Surabaya: studi tentang sosialisasi dan internalisasi nilai keislaman melalui Forum Dakwah Keagamaan di Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Sukron Djazilan_F05511046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek fundamental pembangun sebuah peradaban manusia, salah satu bagiannya adalah pendidikan informal keluarga. Anggota keluarga memiliki peran penting mewujudkan diri menjadi pribadi muslim berkualitas, didukung kegiatan aktifitas agama di kehidupan melalui dakwah islami untuk proses sosialisasi dan internalisasi yang selama ini masyarakat muslim di Surabaya mengalami transformasi nilai-nilai keislaman tanpa disadari melekat dalam aktifitas tampilan kehidupan muslim Surabaya. Ini penting untuk mengetahui simbol religius muslim di ranah publik, bahwa muslim yang ada di Surabaya telah memproses dirinya melalui sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai ilmu keislaman. Maka dengan penelitian ini penting untuk mengetahui keberhasilan sosialisasi dan internalisasi keislaman melalui forum dakwah. Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan dari tiga rumusan masalah di antaranya: 1) Bagaimana model pendidikan informal di kalangan kelas menengah muslim di Surabaya?, 2) Bagaimana proses sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai keislaman di kalangan kelas menengah muslim di Surabaya?, 3) Bagaimana aimplikasi proses sosialisasi dan internalisasi nilai keislaman masyarakat. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka peneliti perlu menggunakan metode yang signifikan agar fokus pemecahan rumusan masalah bisa terjawab. Metode penelitian ialah deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan, menarasikan segala wujud data di lapangan bukan berbentuk angka, karena pisau analisis yang dipakai peneliti adalah etnografi yang menggambarkan segala pola keadaan, proses sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai keislaman masyarakat muslim Surabaya. Proses yang dilakukan pada mayarakat muslim, menggambarkan bagaimana aktifitas tranformasi nilai-nilai keislaman bisa tampil dalam simbol, atribut yang melekat dalam diri melalui implementasi tindakan realnya dalam masyarakat muslim Surabaya.Hasil penelitian adalah Pertama, model Pendidikan Islam informal yang berkembang pada kelas menengah muslim Surabaya ialah mengarah pada model Catur Pusat Pendidikan, yaitu Masjid dan Forum dakwah, Keluarga, lingkungan dan media massa. Kedua, proses terjadinya sosialisasi dan internalisasi nilai keislaman berlangsung panjang, dari bangku sekolah hingga dewasa. Pada usia dewasa mereka mendapatkan bimbingan melalui forum-forum dakwah oleh ustad/muballigh. Inilah yang disebut dengan belajar sepanjang hayat (life long education). Ketiga,. implikasi proses sosialisas dan internalisasi nilai keislaman masyarakat kelas menengah muslim Kota Surabaya adalah berupa perubahan perilaku keagamaan secara individu dan sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Djazilan, M. Sukronsukrondjazilan@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Pendidikan Islam Informal; Masyarakat Kelas Menengah Muslim Surabaya
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Djazilan M. Sukron
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:26
Last Modified: 22 Jul 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item