Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli Pulsa Online melalui PayPal di Zaindeviana.com Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Liana, Nur Ida (2011) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli Pulsa Online melalui PayPal di Zaindeviana.com Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Ida Liana_C02207057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana jual beli pulsa online melalui PayPal di Zaindeviana.com Sidoarjo dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli pulsa online melalui PayPal di Zaindeviana.com Sidoarjo? Data penelitian dihimpun menggunakan pengumpulan data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dan pengamatan langsung di web Zaindeviana.com, kemudian melalui pengumpulan data primer yakni dengan mewawancarai pemilik Zaindeviana.com serta beberapa konsumen Zaindeviana.com dan data sekunder yang diperoleh dari literatur dan bahan pustaka yang mendukung penelitian ini. Selanjutnya dianalisa menggunakan metode penelitian deslaiptif verifikatif yang menggambarkan masalah yang terjadi berdasarkan data-data yang diperoleh, kemudian dianalisa kesesuaian data penelitian tersebut dengan hukum Islam. Sedangkan pola pikirnya menggunakan induktif yakni berangkat dari fakta yang bersifat khusus yakni aplikasi jual beli pulsa online melalui PayPal di Zaindeviana.com kemudian menariknya kepada landasan teori hukum Islam dengan memberikan kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses jual beli pulsa online melalui PayPal di Zaindeviana.com merupakan inovasi terbaru dalam transaksi jual beli pulsa. Karena pembayaran pulsa dilakukan dengan menggunakan sistem pembayaran PayPal, sehingga mata uang yang ditetapkan dalam daftar harga pulsa di Zaindeviana.com adalah menggunakan dollar karena mata uang rupiah masih belum bisa distandarkan pada sistem PayPal. Sedangkan tinjauan hukum Islam terhadap jual beli pulsa online melalui PayPal di Zaindeviana.com ditinjau dari aplikasi jual beli pulsa termasuk dalam kategori jual beli pesanan (as-salim), dan dalam aplikasinya telah sesuai dengan syariah Islam. Meskipun penetapan harganya menggunakan dollar yang dapat berubah setiap saat, sehingga dapat mengakibatkan ketidakseimbangan antara konsumen satu dengan konsumen lainnya, akan tetapi dengan kerelaan dan keridlaan dari para konsumen yang merasa senang dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Zaindeviana.com menjadikan jual beli tersebut sah dan diperbolehkan oleh syariah Islam. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka diharapkan kepada para pelaku usaha agar dalam menetapkan harga dapat memberikan keseimbangan antar konsumen. Dan bagi para konsumen agar selalu berhati-hati dalam bertransaksi agar proses bermuamalah berjalan sesuai dengan ajaran syariah Islam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Liana, Nur Ida--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Telekomunikasi
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Pulsa Online; PayPal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:44
Last Modified: 05 Apr 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30936

Actions (login required)

View Item View Item