Transaksi pengiriman barang-barang Digital oleh Omah Digital melalui Jasa Ekspedisi di Surabaya dalam perspektif Wakalah bi Al Ujrah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Suciati (2011) Transaksi pengiriman barang-barang Digital oleh Omah Digital melalui Jasa Ekspedisi di Surabaya dalam perspektif Wakalah bi Al Ujrah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suciati Azizah_C02207032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan di percetakan "Omah Digital" di Sukolilo Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana transaksi pengirimn barang-barang digital oleh "omah digital" melalui jasa ekspedisi di Surabaya? Dan bagaimana transaksi pengiriman barang-barang digital oleh "Omah Digital" melalui jasa ekspedisi di Surabaya dalam perspektif wakalah bi al-ujrah? Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara secara lansung untuk memperdalam data dan dokumenter dari lokasi penelitian di percetakan "Omah Digital" Sukolilo Surabaya Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir Induktif, yaitu suatu metode yang memaparkan hal-hal khusus tentang transaksi pengiriman barang-barang digital oleh "Omah Digital" melal ui jasa ekspedisi di Surabaya dan menganalisisnya dengan konsep Wakalah bi al-'Ujrah untuk dapat diambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktek transaksi pengiriman barang­barang digital oleh "Omah Digital" melalui jasa ekspedisi di Surabaya banyak mengalami kerugian dikarenakan lamanya penggantian barang-barang yang rusak/hilang dari pihak ekspedisi. Praktek transaksi pengiriman dalam wakalah bi al- 'ujrah diperbolehkan akan tetapi bila pihak ekspedisi benar-benar tidak dapat mempertanggungjawabkan kelalaiannya sebagai wakil dari pengirim yaitu mengganti rugi baik dari kerusakan atau kehilangan barang maka transaksi tersebut tidak diperbolehkan karena tidak sesuai dengan rukun dan syarat wakalah bi al-'ujrah. Berdasarkan kesimpulan di atas maka hendaknya pihak "Omah Digital" dan pihak ekspedisi dapat melaksanakan kewajibannya dengan baik sesuai dengan rukun dan syarat dalam wakalah bi al- 'ujrah serta Undang-undang yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Suciati--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Transaksi pengiriman barang; barang Digital; Jasa Ekspedisi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:48
Last Modified: 04 Apr 2019 04:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item