Rejuvanate peran Masjid dalam pengembangan kepemimpinan mahasiswa: Studi multi kasus di Masjid Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Unair Surabaya, dan Unipdu Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'arif, Syamsul and Nurhadi, Nurhadi and Afandi, Achmad and Qomariyah, Nur Hamidah (2014) Rejuvanate peran Masjid dalam pengembangan kepemimpinan mahasiswa: Studi multi kasus di Masjid Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Unair Surabaya, dan Unipdu Jombang. LPPM UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syamsul Ma'arif_Rejuvanate peran Masjid dalam pengembangan kepemimpinan mahasiswa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa, sebagai salah satu unsur masyarakat yang dapat dikatakan memiliki bekal ilmu pengetahuan yang memadai, bisa berdiri pada kedua sisi tersebut. Di satu sisi mahasiswa dapat memahami sebagai bagian kelompok intelektual yang sedang mengembangkan potensi dirinya dan di sisi lain mahasiswa juga merupakan anggota masyarakat yang menggunakan ruang untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari sehingga dapat mengetahui secara langsung kebutuhan masyarakat. Sehingga bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika mahasiswa memiliki peluang untuk menjadi “jembatan” antara pemerintah dan masyarakat. Pengembangan kemahasiswaan di perguruan tinggi merupakan bagian integral dari pembangunan pendidikan tinggi secara menyeluruh dan harus merujuk pada HELTS yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Dengan demikian, kegiatan mahasiswa di dalam kampus harus mencakup pengembangan organisasi mahasiswa yang sehat, pembinaan sumber daya manusia yang berkualitas yang mencerminkan adanya otonomi dalam bidang pendidikan. Mahasiswa juga memiliki peluang untuk mengembangkan masjid sebagai pusat kegiatan pendidikan berbasis masyarakat dengan kekhasan agama Islam. Dengan dasar pemikiran tersebut penulis menganggap betapa esensialnya masjid bagi ummat Islam dalam upaya meningkatkan potensinya. Kepemimpinan dan manajemen masjid merupakan salah satu faktor esensial untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'arif, Syamsulsamsul_jombang@yahoo.comUNSPECIFIED
Nurhadi, NurhadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Afandi, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Qomariyah, Nur HamidahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masjid
Organisasi Mahasiswa
Perguruan Tinggi
Keywords: Rejuvanate peran Masjid; Masjid; Mahasiswa
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Ma'arif Syamsul Syamsul
Date Deposited: 04 Apr 2019 07:55
Last Modified: 04 Apr 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30875

Actions (login required)

View Item View Item