Model evaluasi sistem manajemen mutu terhadap Tenaga Pendidik sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia yang berstandar ISO 9001 2008 di PTKIN: studi multi kasus di Prodi PGMI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dan Prodi PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfin, Jauharoti (2018) Model evaluasi sistem manajemen mutu terhadap Tenaga Pendidik sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia yang berstandar ISO 9001 2008 di PTKIN: studi multi kasus di Prodi PGMI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dan Prodi PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Laporan Penelitian Dasar Interdisipliner.

[img] Text
Jauharoti Alfin_Model evaluasi sistem manajemen mutu terhadap Tenaga Pendidik sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sistem Penjaminan Mutu di level Pendidikan Tinggi salah satu topik pennasalahan yang masih hangat untuk didiskusikan dan mendapat perhatian dari berbagai pihak. Proses pelaksanaan, pengawasan dan tindaklanjut dari sistem Penjaminan mutu ini terus dikaji, dievaluasi, dan dikembangkan balk dalam level internal lembaga, nasional, bahkan internasional guna memperoleh standarisasi kualitas layanan pendidikan. Selain standar BAN PT beberapa Perguruan Tinggi lain meningkatkan layanannya dengan mengadopsi standar lain yang bertaraf internasional yaitu SMM ISO 9001:2008. Standar ini merupakan sarana (tool) untuk mencapai mutu layanan pendidikan yang mampu menjawab tantangan global dengan tujuan akhirnya mencapai efektivitas dan efisiensi organisasi sena pengakuan secara internasional. Riset ini ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut dari model evaluasi standar SMM ISO 9001:2008 tenaga pendidik (Dosen) di Prodi PGMI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan empirik (ex post facto), teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data dianalisa dengan - metode deskriptifanalisis yang melalui tiga tahap yaitu reduksi, display dan penarikan kesimpulan. Untuk data kuesioner digunakan metode CIPP. Hasil yang diperoleh adalah terdapat kesamaan dalam pelaksanaan dan pengawasan evaluasi yaitu dilakukan oleh LPM dilanjutkan GKM dan GJM untuk tingkat fakultas yang didampingi oleh konsultan ISO, tindak lanjut untuk FTK UIN Sunan Ampel Surabaya dilakukan tnelalui RTL bersama GKM. pitnpinan fakultas dan konsultas ISO sedangkan d FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dilakukan oleh Kaprodi dan Sekprodi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; SMM ISO 9001:2008; Tenaga Pendidik
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:58
Last Modified: 04 Apr 2019 02:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30871

Actions (login required)

View Item View Item