Program peminatan berbasis Soft Skill: studi multi kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad dan Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghoniyyah, Ija Khilmi (2019) Program peminatan berbasis Soft Skill: studi multi kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Al Jihad dan Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ija Khilmi Ghoniyyah_F02316054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skill mahasiswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di pondok pesantren mahasiswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana program peminatan berbasis soft skill di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad dan Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda. Bagaimana pelaksanaan program peminatan berbasis soft skill di kedua Pondok Pesantren Mahasiswa. Bagaimana implikasi program peminatan di kedua Pondok Pesntren Mahasiswa terhadap soft skill mahasiswa. Penelitian tesis ini menggunakan metode penelitian kualitataif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Jihad dan Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda. Subjek penelitian adalah para mahasiswa, pendidik, pengurus, dan pengasuh pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan ketekuanan pengamat, triangulasi data, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program peminatan berbasis soft skill di kedua pondok pesantren mahasiswa mempunyai program yang hampir sama, letak perbedaannya adalah subyeknya (PPM Al-Jihad hanya mahasiswa semester 1-4 yang mengikuti kegiatan, sedangkan di PPM Khoirul Huda semua mahasiswa wajib mengikuti kegiatan), dan waktu pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ekstrakurikuler di kedua PPM memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan skill mahasiswa terutama dalam bidang soft skill, dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan skill dalam berbagai bidang. Adapun implikasi dari kegiatan tersebut dibagi dalam ruang lingkup soft skill yaitu interpersonal skills dan intrapersonal skills, dari kedua ruang lingkup soft skill terdapat tiga aspek dalam hasil capaian kegiatan yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghoniyyah, Ija Khilminiaghoniyyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Peminatan; soft skill
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ghoniyyah Ija Khilmi
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:42
Last Modified: 09 Apr 2019 04:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30869

Actions (login required)

View Item View Item