Bahasa Indonesia dan Nasionalisme Perguruan Tinggi Agama Islam: studi kasus sikap dan motivasi berbahasa di kalangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfin, Jauharoti and Khasanah, Siti Miftahul and Kurniawati, Nurul and Ummah, Risalul and Sahidah, Nurmala (2015) Bahasa Indonesia dan Nasionalisme Perguruan Tinggi Agama Islam: studi kasus sikap dan motivasi berbahasa di kalangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Laporan Penelitian Kolektif Dosen bersama Mahasiswa.

[img] Text
Jauharoti Alfin_Bahasa Indonesia dan Nasionalisme Perguruan Tinggi Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada empat pertanyaan utama yang hendak dijawab dalam penelitian ini: 1) Bagaimanakah kebanggaan Berbahasa Indonesia mahasiswa Perguruan Tinggi Islam, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)?; 2) Bagaimanakah kesetiaan Berbahasa Indonesia mahasiswa Perguruan Tinggi Islam, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)?; 3) Bagaimanakah keadaran terhadap norma Berbahasa Indonesia mahasiswa Perguruan Tinggi Islam, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)?; dan 4) Bagaimanakah motivasi Berbahasa Indonesia mahasiswa Perguruan Tinggi Islam, Fakultas Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif yang terkait dengan fokus penelitian di alas. Melalui metode ini, penelitian menggunakan bentuk analisis data deskriptif yang terkait dengan sikap berbahasa mahasiswa. Temuan penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: Pertama, Skor yang diperoleh responden terkait dengan kebanggaan berbahasa mahasiswa PGMI UINSA Surabaya sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dan i data yang hanya sebanyak 21 mahasiswa yang mendapatkan skor kebanggaan berbahasa dalam katagori "sedang". Pada saat yang sama, sekitar 79% dari total 100 responden yang memiliki sikap kebangaan terhadap bahasa Indonesia katagori "tinggi". Skor kesetiaan berbahasa Indonesia mahasiswa PGMI UINSA Surabaya juga sangat tinggi. Sebanyak satu mahasiswa PGMI (1%) yang menjadi respon mendapat skor < 13.00 atau mendapatkan skor 6. Disusul, 41% responden memiliki tingkat kesetiaan berbahasa Indonesia yang sedang. Sedangkan 68 % dan i total responden (68 mahasiswa) diakui telah memiliki kesetiaan berbahasa Indonesia tingkat tinggi (23.00 < X). Skor kesadaran menggunakan norma dalam berbahasa Indonesia juga cukup tinggi. Hanya 1 mahasiswa (1%) dani total responden yang mendapatkan skor 6 masuk dalam katagori "rendah" (X < 13.00). Sebesar 35% atau 36 responden dan i total responden yang mendapatkan skor dalam katagori "sedang". Sedangkan 64% (64 responden) memiliki skor dalam katagori tinggi terkait dengan sikap norma dalam berbahasa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfin, Jauharotialfin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Khasanah, Siti MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Kurniawati, Nurulgod_beloved45@yahoo.comUNSPECIFIED
Ummah, Risalulqitrotun@gmail.comUNSPECIFIED
Sahidah, Nurmalanurmala.sahidah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Nasionalisme
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Kebanggaan berbahasa; Kesetiaan berbahasa; Kesadaran norma berbahasa; Motivasi berbahasa
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Alfin Jauharoti Alfin
Date Deposited: 02 Apr 2019 07:59
Last Modified: 04 Apr 2019 02:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30866

Actions (login required)

View Item View Item