Sejarah perkembangan Kursus Al Quran Yayasan Masjid Al Falah Surabaya (1997-2007)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Samsul (2010) Sejarah perkembangan Kursus Al Quran Yayasan Masjid Al Falah Surabaya (1997-2007). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Samsul Laili_A02206006.pdf

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur'an dan al-Hadist adalah satu-satunya jalan atau aturan hidup dan kehidupan (way of life). Oleh karena itu aturan hidup (Al-Qur'an dan al-Hadist) harus dipahami, dihayati, diamalkan secara utuh dan tuntas dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. tujuannya agar Islam menjadi rahmad setiap individu muslim atau kesejahteraan manusia secara umum sesuai dengan kesemestaan risalah Islam. Upaya yang dilakukan melalui dunia pendidikan adalah dengan prinsip pendidikan seumur hidup. Setiap konsepsi pendidikan selalu bertumpu pada pandangan atau asumsi dasar tentang manusia, dari mana manusia itu, untuk apa manusia itu diciptakan dan kemana selanjutnya. Menurut Islam sangatlah jelas diterangkan tentang kejadian manusia, tujuan diciptakannya, amanah dan tanggung jawab yang dipikulnya serta kemana dan bagaimana setelah matinya nanti. Dalam perkembangannya dari struktur yang ada, maka dari personil-personil dan departemen-departemen yang ada mengalami banyak perubahan dan penambahan. Hal ini dikarenakan tambah berkembangnya kemampuan dan kreativitas para pengurus. Adapun perkembangan Kursus al-Qur'an al-Falah Surabaya, dilihat dari segi jumlah santrinya mulai dari awal berdiri yang 117 santri hingga tahun 1997 dan perkembangan selanjuinya adalah, dari periode Desember 1997 - Desember 1998 sampai dengan periode Desember 2005 - Desember 2006 terus terjadi adanya kenaikan jumlah peserta kursus, namun dalam periode Desember 2006 - Agustus 2007 peserta kursus mengalami penurunan karena hanya dua periode (8 bulan) sedangkan dalam periode-periode sebelumnya sebanyak tiga pedode (12 bulau). penulis membagi menjadi tiga periode yaitu periode pertama yang diawali tahun 1997 - 2000 dan periode II tahun 2000 -2004 dan yang terakhir yaitu periode III tahun 2004 - 2007.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Samsul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Kursus Al Quran; Yayasan Masjid Al Falah Surabaya; Lembaga Pendidikan Al Quran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:29
Last Modified: 02 Apr 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30865

Actions (login required)

View Item View Item