Sistem PAI dalam meningkatkan kualitas kepribadian siswa: studi komparasi MAN Sooko dengan SMA Islam Brawijaya Mojokerto

Baddriyah, Lailatul (2011) Sistem PAI dalam meningkatkan kualitas kepribadian siswa: studi komparasi MAN Sooko dengan SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Baddriyah_D31207044.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ada tiga permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana sistem PAI di MAN Sooko dan SMA Islam Brawijaya Mojokerto, (2) Bagaimana upaya MAN Sooko dan SMA Islam Brawijaya dalam meningkatkan kualitas kepribadian siswa, (3) Bagaimana perbandingan sistem PAI di MAN Sooko dan SMA Islam Brawijaya Mojokerto. Untuk mengetahui secara menyeluruh dan mendalam, dalam hal penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berguna untuk menggambarkan keadaan obyek yang ada dan untuk mengetahui data mengenai sistem PAI, Upaya sekolah dalam meningkatkan kualitas kepribadian siswa, dan perbandingan pengaruh sistem PAI. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Sistem PAI di MAN Sooko dan SMA Islam hampir sama karena kedua sekolah ini semula sistem Pendidikan Agama Islam dan pengajaran yang digunakan merupakan perpaduan antara sistem Pondok Pesantren denga sistem yang berlaku di Sekolah pada umumnya. Secara berangsurĀ­ angsur pelajaran kitab diganti dengan bidang pelajaran tertentu. (2) Upaya kedua sekolah ini dalam meningkatkan kualitas kepribadian siswa sangat berbeda, Untuk MAN Sooko dengan cara mengadakan kegiatan rutin setiap pagi membaca membaca Surat Yasin dan siswa diwjibkan setoran Juz Amma. Dan untuk SMA Islam dengan cara mengadakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan setiap pagi yaitu sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah dan mengadakan Istighosah bersama setiap hari sabtu. (3) Perbandingan sistem PAI di MAN Sooko dan SMA Islam Brawijaya, dalam hal ini sangat berpengaruh besar terhadap kedua sekolah tersebut. Yang menjadi perbeclaan hanyalah dalam masalah kurikulum yang mereka miliki Karena MAN adalah sekolah Aliyah jadi semua mata pelajaran agama masuk ke dalam kurikulumnya. Sedangkan untuk SMA Islam yang tennasuk sekolah umum yang berciri khas islam, di dalam kurikulumnya hanya terdapat pelajaran PAI. Tapi juga terdapat pelajaran tambahan yaitu Aswaja/ke NUan dan Al-Qur'an Hadis serta khitobah.

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhri, Ach. Muhibbin
Uncontrolled Keywords: Sistem PAI; Kepribadian Siswa
Subjects: Kepribadian
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2019 02:46
Last Modified: 01 Apr 2019 02:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30846

Actions (login required)

View Item View Item