تطوير الوسائط المتعددة التفاعلية المصاحبة لتعليم اللغة العربية على المستوى الثانوي: البحت والتطوير في المدرسة الثانوية الحكومية 2 لامنجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Anis (2019) تطوير الوسائط المتعددة التفاعلية المصاحبة لتعليم اللغة العربية على المستوى الثانوي: البحت والتطوير في المدرسة الثانوية الحكومية 2 لامنجان. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
أنيس عفيفة_F72161620.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada masalah kurang adanya penekanan tujuan pembelajaran di MAN 2 Lamongan, karena pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Lamongan kurang memperhatikan kemampuan 4 maharoh dalam bahasa Arab. Karena tidak semua siswa mempunyai buku pelajarannya, sehingga menyulitkan siswa dalam mempelajarinya, dan keinginan peneliti untuk memanfaatkan teknologi yang ada di sekolah. Dari latar belakang penelitian ini membutuhkan pada aplikasi multimedia interaktif pendamping untu pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Lamongan. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana karakteristik pengembangan multimedia interaktif pendamping untuk pembeljaran bahasa Arab tingkat Aliyah pada kelas XI MAN 2 Lamongan?, 2) Bagaimana penerapan pengembangan multimedia interaktif pendamping untuk pembeljaran bahasa Arab tingkat Aliyah pada kelas XI MAN 2 Lamongan?, dan 3) Bagaimana efektifitas pengembangan multimedia interaktif pendamping untuk pembeljaran bahasa Arab tingkat Aliyah pada kelas XI MAN 2 Lamongan?.Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui karakteristik pengembangan multimedia interaktif pendamping untuk pembeljaran bahasa Arab tingkat Aliyah pada kelas XI MAN 2 Lamongan, 2) untuk mengetahui penerapan pengembangan multimedia interaktif pendamping untuk pembeljaran bahasa Arab tingkat Aliyah pada kelas XI MAN 2 Lamongan, dan 3) untuk mengetahui efektifitas pengembangan multimedia interaktif pendamping untuk pembeljaran bahasa Arab tingkat Aliyah pada kelas XI MAN 2 Lamongan. Adapun metode penelitian ini menggunakan research method and development ( R & D ) dan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen tes, quisioner, dan interview. Tes yang digunakan dalam pebelitian ini adalah post test dan pre test. Setelah peneliti mendesain materi, peneliti melakukan ujicoba, analisis data sampai menemukan kesimpulan sebagai berikut: 1) prodak aplikasi sangat cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab sebab mempunyai hasil uji yang signifikan yakni 88%. 2) penerapan yang telah dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan memberi hasil yang sangat memuaskan yakni adanya peningkatan pembelaran bahasa Arab. 3) aplikasi yang telah disusun efektif terhadap peningkatan pembelajaran bahasa Arab siswa, hal ini didasarkan atas hasil uji pretest dan posttest yakni peningkatan sebesar 22 pretest 72,5 dan posttest 94,5, keefektifan ini didukung juga terhaap hasil wawancara dan hasil quisioner siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Anisp_afifahanis@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Multimedia Interaktif; Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Afifah Anis
Date Deposited: 29 Mar 2019 07:35
Last Modified: 29 Mar 2019 07:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30831

Actions (login required)

View Item View Item